PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4941Keywords:
SPLDV, macromedia flash, RMEAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education yang valid dan praktis menggunakan aplikasi macromedia flash pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 01 Lubuklinggau dan mengetahui karakteristik media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dua validator, dan ahli media pembelajaran macromedia flash memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4,14. Sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan diperoleh bahwa media pembelajaran macromedia flash memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 4,08. Karakteristik yang dihasilkan dalam pengembangan media pembelajaran macromedia flash adalah materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai, konsep materi yang disajikan benar dan berfokus pada keterkaitan antar disiplin, terdapat petunjuk yang jelas, terdapat apersepsi, alur pembelajaran jelas, terdapat pertanyaan masalah untuk diselesaikan siswa, kesimpulan setiap sub materi, latihan dan pembahasannya, serta soal evaluasi, penyelidikan autentik dan interaktif, bersifat mandiri dan menghasilkan karya dan memamerkannya, navigasi mudah, urutan terkendali, bahasa mudah dipahami siswa, gambar, animasi, teks, dan warna tersaji secara serasi dan harmonis, dan berkolaborasi.
References
Akhmadan, W. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang , Vol. 2(1) : 27-40.
Al’Ayubi, S. and Hasbiyati, H. 2015. The Development of Learning Media of Realistic Mathematics Learning Based Macromedia Flash on Rectangle and Square Materials for Junir High School Students. Jurnal Educazione, Vol. 3(1) : 41-52.
Fahmi, S. dan Marsigit. 2014. Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9(1) : 90-98.
Friansah, D., Adha, I., dan Refianti, R. 2018. Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, Vol.1(1) : 1-11.
Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.
Khairani, M. dan Febrinal, D. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, Vol. 10(2) : 95-102.
Maskur, R., Nofrizal, dan Syazali, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8(2) : 177-186.
Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf.
Permendikbud nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTS. [Online]. Tersedia: https://www.slideshare.net /alvinnoor/lampiran-permendikbud-nomor-68-tahun-2013-tentang-kd-dan-struktur-kurikulum-smpmts.
Safitri, M., Hartono, Y., dan Somakim. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 14(2) : 62-72.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Thahira, N. F. 2018. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2(3) : 1811-1819.
Umam, K. dan Yudi. 2016. Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 84-92.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.