PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SPLDV

Authors

  • Yuni Susanti STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
  • Drajat Friansah
  • As Elly S

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4941

Keywords:

SPLDV, macromedia flash, RME

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education yang valid dan praktis menggunakan aplikasi macromedia flash pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 01 Lubuklinggau dan mengetahui karakteristik media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi dua validator, dan ahli media pembelajaran macromedia flash  memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4,14. Sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan diperoleh bahwa media pembelajaran macromedia flash memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 4,08. Karakteristik yang dihasilkan dalam pengembangan media pembelajaran macromedia flash adalah materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai, konsep materi yang disajikan benar dan berfokus pada keterkaitan antar disiplin, terdapat petunjuk yang jelas, terdapat apersepsi, alur pembelajaran jelas, terdapat pertanyaan masalah untuk diselesaikan siswa, kesimpulan setiap sub materi, latihan dan pembahasannya, serta soal evaluasi, penyelidikan autentik dan interaktif, bersifat mandiri dan menghasilkan karya dan memamerkannya, navigasi mudah, urutan terkendali, bahasa mudah dipahami siswa, gambar, animasi, teks, dan warna tersaji secara serasi dan harmonis, dan berkolaborasi.

References

Akhmadan, W. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang , Vol. 2(1) : 27-40.

Al’Ayubi, S. and Hasbiyati, H. 2015. The Development of Learning Media of Realistic Mathematics Learning Based Macromedia Flash on Rectangle and Square Materials for Junir High School Students. Jurnal Educazione, Vol. 3(1) : 41-52.

Fahmi, S. dan Marsigit. 2014. Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9(1) : 90-98.

Friansah, D., Adha, I., dan Refianti, R. 2018. Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, Vol.1(1) : 1-11.

Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Khairani, M. dan Febrinal, D. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, Vol. 10(2) : 95-102.

Maskur, R., Nofrizal, dan Syazali, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8(2) : 177-186.

Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf.

Permendikbud nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTS. [Online]. Tersedia: https://www.slideshare.net /alvinnoor/lampiran-permendikbud-nomor-68-tahun-2013-tentang-kd-dan-struktur-kurikulum-smpmts.

Safitri, M., Hartono, Y., dan Somakim. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 14(2) : 62-72.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Thahira, N. F. 2018. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 2(3) : 1811-1819.

Umam, K. dan Yudi. 2016. Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 84-92.

Downloads

Published

2020-12-23