PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP

Authors

  • Lailatul Utari
  • Destiniar Destiniar
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5024

Keywords:

JUCAMA, berpikir kritis, self efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh  model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Populasinya menggunakan sebanyak 4 kelas dari siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lalan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan sampelnya, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Rancangan perlakuan menggunakan Posttest-Only Control Design dengan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan self efficacy (tinggi, sedang dan rendah) siswa; dan 3) tidak ada interaksi yang signifikan model pembelajaran (JUCAMA dan konvensional) dan Self Efficacy (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Author Biography

Ali Syahbana, Universitas PGRI Palembang

References

Abdullah, B.W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X Tingkat SMA Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Jurnal MathEdunesa, Vol. 6(1) : 39-47.

Agnah, S. M., Rusdi, dan Herlanti, Y. 2018. Pengaruh Metode Peta Argumen dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. EduSains, Vol. 10(2), 217-225.

Amanda, N.W.Y., Subagia, I W., dan Tika I N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4 : 1-11.

Destiniar, Jumroh, dan Sari, D.M. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vol. 12(1) : 115-128.

Endah, D.R.J., Kesumawati, N., dan Andinasari. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 3(2) : 207-222.

Ghazali, M. 2017. Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JPPP (Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan), Vol. 2(2) : 274-289.

Hari, L.V., Zanthy, L.S., dan Hendriana, H. 2018. Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 1(3) : 435-444.

Indriyani, A. 2016. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) dan Problem Based Learning Pada Materi Segi Empat Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret. [Online]. Tersedia : https://docplayer.info/77492464-Eksperimentasi-pembelajaran-matematika-melalui-model-pembelajaran-pengajuan-dan-pemecahan-masalah-jucama-dan-problem-based-learning.html

Karim dan Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3(1) : 92-104.

Kesumawati, N., Retta, A.M., dan Sari, N. 2018. Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Rohmatin, D.N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Gamatika, Vol. 5(1), 1-7.

Siswono, T.Y.E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sundayana. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-19