UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI

Authors

  • Mayawati Mayawati
  • Anggria Septiani Mulbasari
  • Nurjannah Nurjannah

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5073

Keywords:

pandemi, berbasis masalah, hasil belajar

Abstract

Kehadiran Covid-19 sangat mempengaruhi segala segi kehidupan hingga merambah ke dalam dunia pendidikan. Pola pembelajaran tatap muka dialihkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan belajar secara online. Ketidaksiapan sekolah dalam menghadapi perubahan yang mendadak, rendahnya penguasaan teknologi, keterbatasan sarana dan prasarana hingga jaringan internet, serta besaran biaya yang harus diperhitungkan merupakan  beberapa faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara daring  pada pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas  yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Bunguran Timur pada materi matriks meski dilaksanakan secara virtual memanfaatkan whatsapp dan zoom. Peserta didik tampak antusias dalam menerima segala pola pembelajaran yang dilakukan. Meski di awal sempat sulit dikoordinasikan, namun seiring waktu semakin mampu untuk beradaptasi. Penyusunan perangkat dan ketepatan dalam mengalokasikan waktu, menjadi kunci dalam keberhasilan sebuah pembelajaran, apapun model pembelajaran yang digunakan.

References

Agustini, P. 2020. Tiga Kompetensi Utama Pendidikan Tetap Harus Dilakukan Saat Pandemi. Web Kominfo RI, 4 Mei 2020. [Online]. Tersedia : https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/tiga-kompetensi-utama-pendidikan-tetap-harus-dilakukan-saat-pandemi/

Aqib, Z., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Elmunsyah, H., Sutikno, T.A., Wibawa, A.P., dan Hidayat, W.N. 2020. Personalization Online Training System Berbasis Artificial Intelligence untuk Peningkatan Keterampilan Bagi Generasi Z Pada Era Pandemi Covid-19. [Online]. Tersedia : http://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/652.

Firmansyah, E., Mubarika, M.P., Taryudi, dan Ratnasari, S. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8(1) : 62-73.

Handoyo. 2020. UNESCO: Wabah Virus Corona Ancam Pendidikan 300 Juta Siswa. Harian Kontan.co.id, 06 Maret 2020. [Online]. Tersedia : https://internasional.kontan.co.id/news/unesco-wabah-virus-corona-ancam-pendidikan-300-juta-siswa.

Kusumah, W. dan Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks.

Mulyani, S. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, Vol. 2(2) : 84-89.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online]. Tersedia : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf

Simanjuntak. 1993. Pengertian Metode Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Utama.

Sudijono, A. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2020-12-28