UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5073Keywords:
pandemi, berbasis masalah, hasil belajarAbstract
Kehadiran Covid-19 sangat mempengaruhi segala segi kehidupan hingga merambah ke dalam dunia pendidikan. Pola pembelajaran tatap muka dialihkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan belajar secara online. Ketidaksiapan sekolah dalam menghadapi perubahan yang mendadak, rendahnya penguasaan teknologi, keterbatasan sarana dan prasarana hingga jaringan internet, serta besaran biaya yang harus diperhitungkan merupakan beberapa faktor yang menghambat terlaksananya efektivitas pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara daring pada pembelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Bunguran Timur pada materi matriks meski dilaksanakan secara virtual memanfaatkan whatsapp dan zoom. Peserta didik tampak antusias dalam menerima segala pola pembelajaran yang dilakukan. Meski di awal sempat sulit dikoordinasikan, namun seiring waktu semakin mampu untuk beradaptasi. Penyusunan perangkat dan ketepatan dalam mengalokasikan waktu, menjadi kunci dalam keberhasilan sebuah pembelajaran, apapun model pembelajaran yang digunakan.
References
Agustini, P. 2020. Tiga Kompetensi Utama Pendidikan Tetap Harus Dilakukan Saat Pandemi. Web Kominfo RI, 4 Mei 2020. [Online]. Tersedia : https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/tiga-kompetensi-utama-pendidikan-tetap-harus-dilakukan-saat-pandemi/
Aqib, Z., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Elmunsyah, H., Sutikno, T.A., Wibawa, A.P., dan Hidayat, W.N. 2020. Personalization Online Training System Berbasis Artificial Intelligence untuk Peningkatan Keterampilan Bagi Generasi Z Pada Era Pandemi Covid-19. [Online]. Tersedia : http://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/652.
Firmansyah, E., Mubarika, M.P., Taryudi, dan Ratnasari, S. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8(1) : 62-73.
Handoyo. 2020. UNESCO: Wabah Virus Corona Ancam Pendidikan 300 Juta Siswa. Harian Kontan.co.id, 06 Maret 2020. [Online]. Tersedia : https://internasional.kontan.co.id/news/unesco-wabah-virus-corona-ancam-pendidikan-300-juta-siswa.
Kusumah, W. dan Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks.
Mulyani, S. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, Vol. 2(2) : 84-89.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online]. Tersedia : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf
Simanjuntak. 1993. Pengertian Metode Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Utama.
Sudijono, A. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.