ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V SDN 204 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5110Keywords:
kecerdasan emosional, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 204 Palembang ditinjau dari kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 74 orang. Proses pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubermann. Data tingkat kecerdasan emosional siswa diperoleh dengan kriteria sangat baik 12 orang (16,2%), kriteria baik 34 orang (45,9%), cukup baik 15 orang (20,3%), dan kurang baik 13 orang (17,6%). Hasil belajar peserta didik diperoleh dengan kriteria sangat baik ada 12 orang (16,2%), kriteria baik ada 36 orang (48,6%), cukup baik 16 orang (35%), kurang baik 5 orang (6,8%), dan tidak baik 5 orang (6,8%). Sehingga disimpulkan ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajarReferences
Agustian, A. G. 2007. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: ARGA Publishing.
Fuad, M. 2004. Survei Diagnosis Organisasional. Semarang: Universitas Diponegoro.
Goleman, D. 2016. Emotional Intelligence : Diterjemahkan oleh Sukoco. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ilyas, M. 2014. Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter dengan Melibatkan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter Universitas Cokroaminoto Palopo, Palopo, 3 Mei 2014. Vol. 1(1) : 47-54.
Maharani, A. 2014. Mengenal Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. DELTA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 2(1) : 63-70.
Nasution. 1995. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawitasari, J.E. 1998. Kecerdasan Emosi. Buletin Psikologi, Vol 6(1) : 21-31.
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuanlitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H.B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, S. 2002. Pengantar Psikologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.