KEEFEKTIFAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Nia Aulina
  • Andinasari Andinasari
  • Tika Dwi Nopriyanti

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5363

Keywords:

Missouri Mathematics Project, Think Talk Write, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project dengan strategi Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Pengolahan data uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test berbantuan SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project dengan strategi Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Azrah, M. 2017. Penerapan Strategi Think Talk Write (Ttw) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 009 Tembilahan. Jurnal Primary, Vol. 6(1) : 213-224.

Dwiningrat, I.G.A.A, Suniasih, N.W., Manuaba, I.B.S., dan Fo, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 2(1).

Hartono, Y. 2014. Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kesumawati, N. dan Aridanu, I. 2018. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Cetakan Kedua. Palembang: Noer Fikri.

Kurniasari, V.H.D, Susanto, dan Setiawan, T.B. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014. Pancaran, Vol. 4(2) : 153-162.

Kurniasih, I. dan Sani, B. 2017. Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran : Implementasi & Praktek dalam Kelas. Jakarta: Kata Pena.

Nasution, U. S. 2016. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan NHT. Jurnal Mathematics Paedagogic, Vol. 1(1) : 51-57.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. America: Library of Congress Cataloguing.

Purwono, K. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Ekuivalen, Vol. 14(2) : 164-169.

Putri, N. A. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pariaman. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Setiawan. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Shadiq, F. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Downloads

Published

2021-07-01