PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Lukman Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5411

Keywords:

LKPD, penemuan terbimbing, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis metode penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, dan uji coba lapangan awal.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh kemdian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis metode penemuan terbimbing yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis sehingga pengembangan LKPD berbantuan multimedia efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa

References

Anggawirya, Erhans. 2011. Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Harliawan, Hendri. dkk. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ejournal Undiksha. Vol 4, No 1.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konstektual: Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung. 321 hlm.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komuniasi. Bandung: Alfabeta

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.

Roestiyah, N.K.. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta. 418 hlm

Rusmana, dan Isnaningrum. (2013). Effektifitas Penggunaan Media ICT Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika, Jurnal Formatif 2(3): 198-205

Saud, Udin Syaefudin.2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Sinurat, dkk (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk meningkatkan Kemampuan Matematik Siswa SMP. Jurnal Tabularasa PPS UNMED Vol.12 No.2

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suherman, Erman dkk. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA-UPI.

Sumaryati, A.S. dan Hasanah (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat Volume 2 No. 2 Desember 2015

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kencana Predana Media Group. 322 hlm

Winarko, Edi. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis TIK untuk Meningkatkan Literasi Matematika: Peluang dan Tantangan. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017

Downloads

Published

2021-07-16