PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5411Keywords:
LKPD, penemuan terbimbing, pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis metode penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan pengembangan pembelajaran, validasi, dan uji coba lapangan awal.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh kemdian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis metode penemuan terbimbing yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis sehingga pengembangan LKPD berbantuan multimedia efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswaReferences
Anggawirya, Erhans. 2011. Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.
Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Harliawan, Hendri. dkk. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ejournal Undiksha. Vol 4, No 1.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konstektual: Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung. 321 hlm.
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komuniasi. Bandung: Alfabeta
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.
Roestiyah, N.K.. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta. 418 hlm
Rusmana, dan Isnaningrum. (2013). Effektifitas Penggunaan Media ICT Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika, Jurnal Formatif 2(3): 198-205
Saud, Udin Syaefudin.2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Sinurat, dkk (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk meningkatkan Kemampuan Matematik Siswa SMP. Jurnal Tabularasa PPS UNMED Vol.12 No.2
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suherman, Erman dkk. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA-UPI.
Sumaryati, A.S. dan Hasanah (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat Volume 2 No. 2 Desember 2015
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kencana Predana Media Group. 322 hlm
Winarko, Edi. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis TIK untuk Meningkatkan Literasi Matematika: Peluang dan Tantangan. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.