PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMAN 6 PRABUMULIH

Authors

  • Rohana Rohana Universitas PGRI Palembang
  • Yusuf Hartono
  • Imam Adhitya Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5443

Keywords:

creative problem solving, literasi matematis

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi matematis di SMA Negeri 6 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Prabumulih berjumlah 276 siswa yang terdiri 5 kelas XI.MIPA dan 3 XI.IPS pada tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil dengan teknik Cluster Sampling yaitu kelas XI.MIPA.3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan XI.MIPA.1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi matematis siswa Level 3. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan literasi matematis di SMA Negeri 6 Prabumulih.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Antika, R. (2015). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

De Lange, J. (1987). Mathematics, Insight, and Meaning, Utrechet:Ow &Co.

Fathani, A.H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intellogences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 4(2).

Fitriyani, I & Zaenuri Mastur. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran CPS Berbantu Hand On Activiy. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 139- 147.

Gray, Alex, et all. (2016). The 10 Skill you need to thrive in the Fourth Industrial Revolution, (Online), (https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-10-skills-you-need-to-thrive-in-the-fourth-industrial-revolution/)diakses 24 April 2019

Jawa Pos. (2 Mei 2018). Hadapi Revolusi Industri 4.0 Kemendikbud Buat Lima Kompetensi. Page 7.

Jufri, L.H. (2014). Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Jumarniati, J., Pasandaran, R.F., & Riady, A. (2016). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Trigonometri. Pedagogy:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Kemendikbud (2016). Survei International PISA, (Online),

(http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa/), diakses 9 Maret 2019

Kesumawati, N & Ichwan Aridanu. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan Cetakan Kedua. Palembang: Noer Fikri.

Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving(CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103-112.

OECD. (2015). PISA 2015 Draft Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.

. (2015). PISA 2015 Result Excellence and Equity In Education (Volume 1).Paris:OECD Publishing .

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use.Journal of Mathematics Education,4(1), 89-100.

Perdana. (2019). Tingkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0, (Online),

(https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/03/20/126411/tingkatkan-kemampuan-literasi-matematika-di-era-revolusi-industri-4.0/), diakses 24 April 2019

Putra, Y.Y., Zulkardi,Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4,5,6 Menggunakan Kontek Lampung. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1),10-16

Shiel, G., Perkins, R., Close, S., & Oldham, E. (2007). PISA Mathematics: a teacher’s guide. Dublin: Stationery Office.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Stacey, K.(2014). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on mathematical Education, 2(02), 95-126.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Maple 11 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91-98.

Taufik, M.A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Wahyuni, I., Noto, M.S., & Hikmah, A.N. (2017). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Eulid, 3(1).

Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 26-31

Downloads

Published

2021-06-26