PENGEMBANGAN LKS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA GRAFIS

Authors

  • Dewi Sarina Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5446

Keywords:

lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis berbasis Inkuiri Terbimbing berbantu media grafis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (four D) yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap pendesiminasian (Disseminate). Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 03 Kaur pada semester genap 2019/2020. Proses pengembangan LKS melalui 4 kali proses uji para ahli sampai dinilai memenuhi kriteria valid. Selanjutnya diujicoba terbatas kepada 6 siswa dan diperoleh kriteria praktis. Hasilnya diperoleh LKS yang valid dan praktis berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Prisma dan Limas kelas VIII SMP.

References

Damayanti, D. S. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Vol. 3(1) : 58-62.

Daryanto, D. dan Dwicahyo, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13(2) : 1-10.

Kemendikbud, R. I. 2013. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Khasanah, U. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Kurniawan, D. dan Dewi, S. V. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, Vol. 3(1) : 214-219.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 64 Tahun 2013 Standar Isi Untuk Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putra, E. P., Garminah, N. N., dan Japa, I. G. N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. Journal Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 2(1) : 1-10.

Putri, R.R. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Nilai Mutlak. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-06-03