PENGEMBANGAN LKS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA GRAFIS
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5446Keywords:
lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis berbasis Inkuiri Terbimbing berbantu media grafis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (four D) yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap pendesiminasian (Disseminate). Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 03 Kaur pada semester genap 2019/2020. Proses pengembangan LKS melalui 4 kali proses uji para ahli sampai dinilai memenuhi kriteria valid. Selanjutnya diujicoba terbatas kepada 6 siswa dan diperoleh kriteria praktis. Hasilnya diperoleh LKS yang valid dan praktis berbasis inkuiri terbimbing berbantu media grafis untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Prisma dan Limas kelas VIII SMP.
References
Damayanti, D. S. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Vol. 3(1) : 58-62.
Daryanto, D. dan Dwicahyo, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13(2) : 1-10.
Kemendikbud, R. I. 2013. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Khasanah, U. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Kurniawan, D. dan Dewi, S. V. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, Vol. 3(1) : 214-219.
Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 64 Tahun 2013 Standar Isi Untuk Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putra, E. P., Garminah, N. N., dan Japa, I. G. N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. Journal Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 2(1) : 1-10.
Putri, R.R. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Nilai Mutlak. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.