PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Authors

  • Usmadi Usmadi
  • Sarah Ramdantini
  • ergusni ergusni

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5590

Keywords:

pembelajaran kooperatif, FSLC, pemahaman konsep

Abstract

ABSTRAK

Pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 5 Padangpanjang belum berkembang secara optimal. Salah satu penyebabnya, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satunya dengan menerapkan  model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan one grup pretest-posttest design. Sampel ditarik berdasarkan teknik random sampling, sampel yang terpilih yaitu siswa kelas VII.3 SMPN 5 Padangpanjang dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui tes dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Simpulan hasil analisis data  bahwa setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat secara signifikan. Melalui uji t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.

References

Astuti, B.I.D. 2016. Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Ditinjau dari Hasil Belajar dan Pemahaman Siswa Kelas VII Compassion SMP Joannes Bosco Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. [Online]. Tersedia: https://repository.usd.ac.id/3806/2/111414089_full.pdf

Budiarweni, M.A.R., Sugiarta, I.M., dan Gita, I.N. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate–Share–Listen-Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, Vol. 2(1). [Online]. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/3990

Emay, A. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/9484/.

Favero, T.G. 2011. Active Review Sessions Can Advance Student Learning. Advances In Physiology Education, Vol. 35(3) : 247-248.

Juariah dan Sari, R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 5(2) : 143-149.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Oktavianti, N.W., Astawa, I.W.P., dan Sariyasa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 14(1) : 148-155.

Prayitno, A.T., Rochmad, dan Mulyono. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen And Create Bernuansa Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Lembaran Ilmu Kependidikan: Journal of Education Research, Vol. 41(1) : 33-38. [Online]. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/2227.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sardiman, A.M. 2006. Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shadiq, F. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Suryabrata, S. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susilawati, W. 2012. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wena, M. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-06-18