PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5590Keywords:
pembelajaran kooperatif, FSLC, pemahaman konsepAbstract
ABSTRAK
Pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 5 Padangpanjang belum berkembang secara optimal. Salah satu penyebabnya, guru belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan one grup pretest-posttest design. Sampel ditarik berdasarkan teknik random sampling, sampel yang terpilih yaitu siswa kelas VII.3 SMPN 5 Padangpanjang dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui tes dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Simpulan hasil analisis data bahwa setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat secara signifikan. Melalui uji t pada taraf kepercayaan 95% diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
References
Astuti, B.I.D. 2016. Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Ditinjau dari Hasil Belajar dan Pemahaman Siswa Kelas VII Compassion SMP Joannes Bosco Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. [Online]. Tersedia: https://repository.usd.ac.id/3806/2/111414089_full.pdf
Budiarweni, M.A.R., Sugiarta, I.M., dan Gita, I.N. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate–Share–Listen-Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, Vol. 2(1). [Online]. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/3990
Emay, A. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/9484/.
Favero, T.G. 2011. Active Review Sessions Can Advance Student Learning. Advances In Physiology Education, Vol. 35(3) : 247-248.
Juariah dan Sari, R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 5(2) : 143-149.
Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Oktavianti, N.W., Astawa, I.W.P., dan Sariyasa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 14(1) : 148-155.
Prayitno, A.T., Rochmad, dan Mulyono. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen And Create Bernuansa Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Lembaran Ilmu Kependidikan: Journal of Education Research, Vol. 41(1) : 33-38. [Online]. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/2227.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Sardiman, A.M. 2006. Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shadiq, F. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Suryabrata, S. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susilawati, W. 2012. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, M. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.