KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6334Keywords:
discovery learning, auditory intellectually repetitionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning, model Auditory Intellectually Repetition (AIR), serta model konvensional. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Pada penelitian ini populasinya yaitu siswa kelas XII IPA SMAN 3 Bengkulu Selatan. Sedangkan sampelnya yaitu seluruh kelas populasi yang dipilih secara random yaitu kelas XII IPA 1 dengan model discovery learning sebagai kelas eksperimen I, kelas XII IPA 2 dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) sebagai kelas eksperimen II, dan kelas XII IPA 3 dengan menggunakan model konvensional sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara model Discovery Learning, model Auditory Intellectually Repetition (AIR) serta model konvensional. Dari skor post-test siswa menunjukkan bahwa model discovery learning memberikan hasil yang lebih baik daripada model auditory intellectually repetition (AIR) dan model konvensional.
References
Damayana, R., Andinasari, dan Lusiana. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Peluang Melalui Model Discovery Learning. Lentera Pendidikan, Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 22(2) : 223-232.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., dan Komalasari, O. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 4(2) : 32-44.
Hadi, S., Gunawan, I., dan Dalle, J. 2018. Statistika Inferensial Teori dan Aplikasinya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Hamzah, A. dan Muhlishrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Khamidah dan Warniasih, K. 2019. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gamping. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 7(1) : 27-36.
Mustamin, S.H. dan Kusumayanti, A. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, Vol. 1(2) : 90-97.
Mustikasari, M., Isnani, dan Susongko, P. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Vol. 1(1) : 65-71.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sarniah, S., Anwar, C., dan Putra, R. W. Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Vol. 3(1) : 87-96.
Subchan, Winarni, Mufid, M.S., Fahim, K., dan Syaifudin, W.H. 2018. Matematika : Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumardyono, Priatna, N., dan Anggraena, Y. 2016. Model Pembelajaran Matematika, Statistika dan Peluang. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Surur, M. dan Oktavia, S. T. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 6(1) : 11-18.
Wijaya, T. U. U., Destiniar, dan Mulbasari, A. S. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 05 Mei 2018. Hal: 431-435. ISBN 978-602-52451-0-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.