KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION

Authors

  • Fefti Puji Lestari universitas muhammadiyah bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi universitas muhammadiyah bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6334

Keywords:

discovery learning, auditory intellectually repetition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning, model Auditory Intellectually Repetition (AIR), serta model konvensional. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Pada penelitian ini populasinya yaitu siswa kelas XII IPA SMAN 3 Bengkulu Selatan. Sedangkan sampelnya yaitu seluruh kelas populasi yang dipilih secara random yaitu kelas XII IPA 1 dengan model discovery learning sebagai kelas eksperimen I, kelas XII IPA 2 dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) sebagai kelas eksperimen II, dan kelas XII IPA 3 dengan menggunakan model konvensional sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara model Discovery Learning, model Auditory Intellectually Repetition (AIR) serta model konvensional. Dari skor post-test siswa menunjukkan bahwa model discovery learning memberikan hasil yang lebih baik daripada model auditory intellectually repetition (AIR) dan model konvensional.

Author Biographies

Fefti Puji Lestari, universitas muhammadiyah bengkulu

pendidikan matematika

Ristontowi Ristontowi, universitas muhammadiyah bengkulu

pendidikan matematika

References

Damayana, R., Andinasari, dan Lusiana. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Peluang Melalui Model Discovery Learning. Lentera Pendidikan, Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 22(2) : 223-232.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., dan Komalasari, O. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 4(2) : 32-44.

Hadi, S., Gunawan, I., dan Dalle, J. 2018. Statistika Inferensial Teori dan Aplikasinya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamzah, A. dan Muhlishrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Khamidah dan Warniasih, K. 2019. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gamping. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 7(1) : 27-36.

Mustamin, S.H. dan Kusumayanti, A. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, Vol. 1(2) : 90-97.

Mustikasari, M., Isnani, dan Susongko, P. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Vol. 1(1) : 65-71.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sarniah, S., Anwar, C., dan Putra, R. W. Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Vol. 3(1) : 87-96.

Subchan, Winarni, Mufid, M.S., Fahim, K., dan Syaifudin, W.H. 2018. Matematika : Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumardyono, Priatna, N., dan Anggraena, Y. 2016. Model Pembelajaran Matematika, Statistika dan Peluang. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Surur, M. dan Oktavia, S. T. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 6(1) : 11-18.

Wijaya, T. U. U., Destiniar, dan Mulbasari, A. S. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 05 Mei 2018. Hal: 431-435. ISBN 978-602-52451-0-7.

Downloads

Published

2021-12-18