KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6377Keywords:
komunikasi, google classroom, self confidence,Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) menganalisis kemampuan komunikasi matematis tertulis dalam pembelajaran yang menggunakan google classroom ditinjau dari self confidence peserta didik dan (2) menganalisis kemampuan komunikasi matematis lisan dalam pembelajaran yang menggunakan google classroom ditinjau dari self confidence peserta didik pada materi statistika kelas VIII E SMP Negeri 5 Adiwerna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket untuk mendapatkan data self confidence, tes dan wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik dengan self confidence tinggi memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis, subjek dengan self cofidence sedang hanya memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi tulis, dan subjek dengan self confidence rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi. 2) kemampuan komunikasi matematis lisan peserta didik dengan self confidence tinggi memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis, subjek dengan self cofidence sedang hanya memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi lisan dan subjek dengan self confidence rendah hanya memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi lisan.
References
Aussieanna, S. R. 2020. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Ditinjau dari Self-Confidence. Naskah Publikasi : 1-13. Tersedia: http://eprints.ums.ac.id/82839/13/NASKAH%20PUBLIKASI%20SHAFIRA.pdf
Hendriana, H., Slamet, U.R., and Sumarmo, U. 2014. Mathematical Connection Ability and Self-Confidence (An Experiment on Junior High School Students Through Contextual Teaching and Learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, Vol. 8(1) : 1-11.
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Majid, R. N. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Menggunakan Daring. Skripsi tidak diterbitkan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Muniroh, S., Rosyana, T., dan Hendriana, H. 2018. Hubungan Self-Cofidence dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 1(4) : 479-486.
Mustikasari, M., Isnani, dan Susongko, P. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Vol. 1(1) : 65–71.
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., dan Rochmad. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 2, 704-709. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241
Rahayuningdyah, E. 2016. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal JIPE, Vol. 1(2) : 1-14.
Ritonga, S. N. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifdzil Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rizqi, A. A., Suyitno, H., dan Sudarmin. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, Vol. 5(1) : 17-23.
Safitri, A. 2018. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri 1 Jepara Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Subekti, F. E., dan Kusuma, A. B. 2016. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Rasa Percaya Diri Mahasiswa. Euclid, Vol. 3(1) : 430-446.
Syam, A. dan Amri. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, Vol. 5(1) : 87-102.
Triana, C. R. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Confidence Siswa Pada Materi Lingkaran. Skripsi tidak diterbitkan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Wahyuni, T. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Ditinjau Dari Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.