ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI LEVEL TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6420Keywords:
kemampuan representasi matematis, segiempat, Van HieleAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi atau mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan level teori Van Hiele pada materi segiempat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas VII SMP RK Deli Murni Bandar Baru yang merupakan perwakilan dari tiap level teori Van Hiele dengan cara memberikan soal VHGT (Van Hiele Geometry Test). Subjek penelitian diberi tes kemampuan representasi matematis dan kemudian diwawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan tingkat berpikir previsualisasi (level pra 0) memiliki kemampuan representasi visual, namun memiliki kemampuan representasi simbolik dan kemampuan representasi verbal yang masih lemah dan berada pada kategori kurang. Siswa dengan tingkat berpikir visualisasi (level 0) memiliki kemampuan representasi visual, memiliki kemampuan representasi verbal yang masih lemah dan tidak memiliki kemampuan representasi simbolik dan berada pada kategori kurang. Siswa dengan tingkat berpikir analisis (level 1) memiliki kemampuan representasi visual dan kemampuan representasi simbolik, namun memiliki kemampuan representasi verbal yang masih lemah dan berada pada kategori tinggi. Siswa dengan tingkat berpikir deduksi informal (level 2) memiliki kemampuan representasi visual, kemampuan representasi simbolik dan kemampuan representasi verbal dan berada pada kategori sangat tinggi.References
Armadan, Somakim, dan Indaryanti. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, Vol. 3(1) : 49-57.
Carrol, W.M. 1998. Polygon Capture: A Geometry Game. Mathematics Teaching in Middle School, 4(2) : 90-94. Reston: NCTM.
Desiningsih, R., Syahbana, A., dan Kashardi. 2013. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Belajar Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele. AdmathEdu, Vol. 3(2) : 1-7.
Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kapahiang Ditinjau dari Teori Van Hiele. Tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta.
Muarifah, A. 2016. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segiempat Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Muhassanah, N. 2013. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sapitri, I. dan Ramlah. 2019. Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika SESIOMADIKA, Vol. 2(1C) : 829-835. ISSN : 2722-6379.
Suherman, E. dan Winataputra, U.S. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Suryana, A. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta,10 November 2012. Hal: 37-48. ISBN : 978-979-16353-8-7.
Triono, A. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.