ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI LEVEL TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT

Authors

  • Windah Maria Mutiara Tamba
  • Ribka Kariani Sembiring
  • Sinta Dameria Simanjuntak

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6420

Keywords:

kemampuan representasi matematis, segiempat, Van Hiele

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi atau mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan level teori Van Hiele pada materi segiempat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas VII SMP RK Deli Murni Bandar Baru yang merupakan perwakilan dari tiap level teori Van Hiele dengan cara memberikan soal VHGT (Van Hiele Geometry Test). Subjek penelitian diberi tes kemampuan representasi matematis dan kemudian diwawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan tingkat berpikir previsualisasi (level pra 0) memiliki kemampuan representasi visual, namun memiliki kemampuan representasi simbolik dan kemampuan representasi verbal yang masih lemah dan berada pada kategori kurang. Siswa dengan tingkat berpikir visualisasi (level 0) memiliki kemampuan representasi visual, memiliki kemampuan representasi verbal yang masih lemah dan tidak memiliki kemampuan representasi simbolik dan berada pada kategori kurang. Siswa dengan tingkat berpikir analisis (level 1) memiliki kemampuan representasi visual dan kemampuan representasi simbolik, namun memiliki kemampuan representasi verbal yang masih lemah dan berada pada kategori tinggi. Siswa dengan tingkat berpikir deduksi informal (level 2) memiliki kemampuan representasi visual, kemampuan representasi simbolik dan kemampuan representasi verbal dan berada pada kategori sangat tinggi.

References

Armadan, Somakim, dan Indaryanti. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, Vol. 3(1) : 49-57.

Carrol, W.M. 1998. Polygon Capture: A Geometry Game. Mathematics Teaching in Middle School, 4(2) : 90-94. Reston: NCTM.

Desiningsih, R., Syahbana, A., dan Kashardi. 2013. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Belajar Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele. AdmathEdu, Vol. 3(2) : 1-7.

Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kapahiang Ditinjau dari Teori Van Hiele. Tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta.

Muarifah, A. 2016. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segiempat Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muhassanah, N. 2013. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sapitri, I. dan Ramlah. 2019. Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika SESIOMADIKA, Vol. 2(1C) : 829-835. ISSN : 2722-6379.

Suherman, E. dan Winataputra, U.S. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Suryana, A. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta,10 November 2012. Hal: 37-48. ISBN : 978-979-16353-8-7.

Triono, A. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2021-12-09