KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR

Authors

  • Atik Sundari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Masri

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6482

Keywords:

kesalahan, operasi, bentuk aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada topik operasi bentuk aljabar. Jenis-jenis kesalahan berupa kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal matematika topik operasi bentuk aljabar. Subjek penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas VII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada siswa kelas VII dalam mengerjakan soal matematika pada topik operasi bentuk aljabar adalah kesalahan teorema atau definisi, kesalahan data, dan kesalahan teknis. Jenis kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah jenis kesalahan teorema atau definisi dan kesalahan teknis.

References

Arigiyati, T.A. 2017. Pengaruh Minat dan Perhatian Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Transformasi-Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Vol. 1(1) : 27-35.

Astini, N.W. dan Purwati, N.K.R. 2020. Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. IX(1) : 1-8.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Dellani, N.M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Pada Topik Operasi Bentuk Aljabar Kelas VIII B SMP Pangudi Luhur 1 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fidayanti, M., Shodiqin, A., dan Suyitno, Y.P. 2020. Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3(1) : 88-96.

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi, Vol. 1(1) : 21-32.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.

Mengapa Matematika Dianggap Sulit? Media Online Kompasiana, 18 Juni 2015.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mustikasari, M., Isnani, dan Susongko, P. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Vo. 1(1) : 65–71.

Setiawan, B. 2011. Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisinus.

Downloads

Published

2021-12-07