KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6482Keywords:
kesalahan, operasi, bentuk aljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada topik operasi bentuk aljabar. Jenis-jenis kesalahan berupa kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal matematika topik operasi bentuk aljabar. Subjek penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas VII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada siswa kelas VII dalam mengerjakan soal matematika pada topik operasi bentuk aljabar adalah kesalahan teorema atau definisi, kesalahan data, dan kesalahan teknis. Jenis kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah jenis kesalahan teorema atau definisi dan kesalahan teknis.
References
Arigiyati, T.A. 2017. Pengaruh Minat dan Perhatian Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Transformasi-Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Vol. 1(1) : 27-35.
Astini, N.W. dan Purwati, N.K.R. 2020. Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. IX(1) : 1-8.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Dellani, N.M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Pada Topik Operasi Bentuk Aljabar Kelas VIII B SMP Pangudi Luhur 1 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Fidayanti, M., Shodiqin, A., dan Suyitno, Y.P. 2020. Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 3(1) : 88-96.
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi, Vol. 1(1) : 21-32.
Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.
Mengapa Matematika Dianggap Sulit? Media Online Kompasiana, 18 Juni 2015.
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Mustikasari, M., Isnani, dan Susongko, P. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Materi Pokok Statistika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Vo. 1(1) : 65–71.
Setiawan, B. 2011. Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisinus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.