LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Authors

  • Erika Wulandari
  • Meita Fitrianawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6496

Keywords:

, Lembar Kerja Peserta Didik, Ethnomatematika, Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika geometri berbasis etnomatematika bagi peserta didik kelas V. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2020/2021 dengan mengujicobakan produk secara terbatas pada siswa SDN Pendulan dan SD Muhammadiyah Sangonan IV, dan ujicoba secara keseluruhan pada siswa SD Muhammadiyah Demangan. Teknik pengumpulan data berupa lembar penilaian produk. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Produk ini diuji kualitas oleh para ahli yaitu ahli media, materi, pembelajaran dan bahasa, sedangkan untuk kelayakan dilihat dari respon peserta  didik dan respon dari guru kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapat nilai 81,25 dari ahli media dengan kategori “Sangat Baikâ€, nilai 87,5 dari ahli materi dengan kategori “Sangat Baikâ€, nilai 83,3 dari ahli pembelajaran dengan kategori “Sangat Baikâ€, dan nilai 78,3 dari ahli bahasa dengan kategori “Baikâ€. Untuk respon peserta didik memperoleh nilai 100 dengan kategori “Sangat Baikâ€, dari respon guru mendapatkan nilai 94,7. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli dan respon peserta didik dan guru kelas dinyatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis etnomatematika termasuk dalam kategori “Sangat Baik†dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

References

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gipayana, M. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 11(1) : Hal 59-70.

Gurganus. 2010. Characteristics of Student’s Mathematics Learning. www.education. com/reference/article/students- math-learning-problems/

Kharizmi, M. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, Vol. 2(2) : 11-21.

Muhsetyo, G., Krisnadi, E., dan Wahyuningrum, E. 2011. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

OECD. 2014. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do - Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition. PISA). OECD Publishing.

Prayitno, I. W. 2016. Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Setiana, D. S. dan Ayuningtyas, A. D. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Jurnal Science Tech, Vol. 4(2) : 67-74.

Shirley, L. 1995. Using Ethnomathematics to Find Multicultural Mathematical Connection: NCTM.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., dan Sani, B. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 9 November 2013. Hal: 113-118. ISBN : 978–979–16353–9–4.

Windria, H. 2016. Batik Kaya Matematika, Memanfaatkan Motif Batik dalam Kelas Matematika. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang, Malang. Hal: 279-291. ISSN: 2528-259X.

Downloads

Published

2022-01-02