PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

Authors

  • Jumroh Jumroh
  • Yusuf Hartono
  • Yulisa Aulia

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6497

Keywords:

probing prompting, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Bentuk desain metode eksperimen yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan datanya adalah tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 4 Kayuagung.

References

Diasputri, A., Nurhayati, S., dan Sugiyo, W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 7(1) : 1103-1111.

Hamalik, O. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kholipah, N. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pasundan.

Mayasari, Y. 2014. Penerapan Teknik Probing-Prompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3(1) : 56-61.

Mustika, H. dan Buana, L. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science), Vol. 2( 2) : 30-37.

Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Puspendik.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015 Diagnosa Hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian. Dipresentasikan pada seminar Hasil Penilaian Pendidikan Untuk Kebijakan, 14 Desember, Jakarta. Tersedia : http://www.puspendik.kemdikbud.go.id. [11 Februari 2018].

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1989. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-09