PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG INTEGRAL LIPAT DUA BERDASARKAN TEORI APOS

Authors

  • Agus Supriadi Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6606

Keywords:

integral lipat dua, teori APOS

Abstract

Integral lipat dua merupakan integral suatu fungsi dua variabel terhadap luasan di R2. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun Akademik 2019/2020 tentang materi integral lipat dua berdasarkan teori APOS. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun Akademik 2020/2021 yang berjumlah 9 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap materi integral lipat dua berdasarkan teori APOS adalah sebagai berikut: 4 orang tidak sampai pada tahap aksi, 2 orang mahasiswa pada tahap aksi, dan 3 orang pada tahap skema. Temuan dalam penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa tentang konsep integral lipat dua berdasarkan teori APOS masih rendah. Sebagian besar pemahaman mahasiswa tidak sampai atau hanya berada pada level terendah dari tahap APOS. Oleh karena itu, diperlukan kajian lebih lanjut agar pemahaman mahasiswa dapat meningkat.

References

Apriandi, D., & Krisdiana, I. 2016. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123 - 134. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.19

Dubinsky, E., & McDonald, M. A. 2001. APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate. Mathematics Education Research, the Teaching and Learning of Mathematics at University Level, 7(3), 275 - 282.

Fahrudin, F. A. 2018. Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 7-14. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.451

Kwan, C. L. 2017. Findings from the assessment of students’ learning outcomes in engineering mathematics. International Journal of Learning and Teaching, 9(2), 291-297. https://doi.org/10.18844/ijlt.v9i2.1028

Muchlis, E. E. 2017. Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Materi Integral Lipat di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. PM-265 - PM-272). Yogyakarta: UNY.

Nurmalitasari, D. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. Educazione, 5(1), 27 - 34.

Putri, O. R., & Nadlifah, M. 2021. Proses Transformasi Visual ke Simbolik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Luas Daerah di Bawah Kurva. Jurnal Elemen, 7(2), 425-437. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3534

Raupu, S., Thalhah, S., & Mattoliang, L. 2020. Learning Difficulties in Solving Calculus Tests. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(2), 168 - 178. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a1

Stewart, J. 2010. Calculus: Early Transcendentals, 7th ed. Belmont: Brooks/Cole.

Utari, R. S., Septy, L., & Hutauruk, L. 2021. Kesalahan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar. Inovasi Matematika, 3(1), 51 - 61. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i1.226

Downloads

Published

2021-12-20