LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6621Keywords:
LKS, berbasis masalah, bentuk aljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa SMP Berbasis Masalah yang valid dan praktis pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun pada penelitian ini tahap implementation dibatasi hanya untuk ujicoba kelompok kecil (small group). Pengambilan data penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sumber Marga Telang. Pelaksanaannya mulai dari permulaan sampai akhir penelitian yaitu dari September 2020 sampai Januari 2021. Hasil penelitian ini diperoleh dari aspek kevalidan dan kepraktisan: a) aspek kevalidan diperoleh berdasarkan tiga penilaian validator terhadap isi, konstruk, dan bahasa dengan skor validator pertama 90,76% dalam kategori “sangat validâ€, skor validator kedua 82,25% dalam kategori “sangat validâ€, dan skor validator ketiga 84,55% dalam kategori “sangat validâ€. b) aspek kepraktisan diperoleh berdasarkan 6 angket respon siswa yang diberikan pada tahap ujicoba kelompok kecil (small group) selesai dengan skor rata-rata 77,78% dalam kategori “praktisâ€.
References
Hasibuan, I. 2015. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, Vol. 4(1) : 5-11.
Ismail, F. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Kusumawati, E dan Irwanto, R.A. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4(1) : 49-57.
Matutina, J.A. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution, A. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Vol. 1(1) : 47-63.
Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Yogyakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Riduwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sari, F.P. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Masalah pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sijunjung. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Syaifullah, M., dan Izzah, N. 2019. Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna Jurnal bahasa arab, Vol. 3(1) : 127-144.
Tanjung, H. S., dan Nababan, S. A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 9 (2) : 56-70.
Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme : Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Yueni, D. R. 2018. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Simki-Techsain, Vol. 2(6) : 1-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.