LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA SMP

Authors

  • Paramita Dwi Pangastuti Universitas PGRI Palembang
  • Marhamah Marhamah
  • Nora Surmilasari

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6621

Keywords:

LKS, berbasis masalah, bentuk aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa SMP Berbasis Masalah yang valid dan praktis pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun pada penelitian ini tahap implementation dibatasi hanya untuk ujicoba kelompok kecil (small group). Pengambilan data penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Sumber Marga Telang. Pelaksanaannya mulai dari permulaan sampai akhir penelitian yaitu dari September 2020 sampai Januari 2021. Hasil penelitian ini diperoleh dari aspek kevalidan dan kepraktisan: a) aspek kevalidan  diperoleh berdasarkan tiga  penilaian validator terhadap isi, konstruk, dan bahasa dengan skor validator pertama 90,76% dalam kategori “sangat validâ€, skor validator kedua 82,25% dalam kategori “sangat validâ€, dan skor validator ketiga 84,55% dalam kategori “sangat validâ€. b) aspek kepraktisan diperoleh berdasarkan 6 angket respon siswa yang diberikan pada tahap ujicoba kelompok kecil (small group) selesai dengan skor rata-rata 77,78% dalam kategori “praktisâ€.

References

Hasibuan, I. 2015. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, Vol. 4(1) : 5-11.

Ismail, F. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Kusumawati, E dan Irwanto, R.A. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4(1) : 49-57.

Matutina, J.A. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution, A. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Vol. 1(1) : 47-63.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Yogyakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Riduwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sari, F.P. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Masalah pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sijunjung. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Syaifullah, M., dan Izzah, N. 2019. Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna Jurnal bahasa arab, Vol. 3(1) : 127-144.

Tanjung, H. S., dan Nababan, S. A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 9 (2) : 56-70.

Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme : Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Yueni, D. R. 2018. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Simki-Techsain, Vol. 2(6) : 1-7.

Downloads

Published

2021-12-12