KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGKONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6761Keywords:
kontruksi bukti matematis, analisis realAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis pada mata kuliah Analisis Real. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang yang sedang mengambil mata kuliah Analisis Real pada Tahun Akademik 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Kemampuan mengkonstruksi bukti matematis mahasiswa dilihat dari nilai tes yang diperoleh dalam penyelesaian soal yang telah disusun dengan mengacu pada indikator kemampuan mengkonstruksi bukti matematis. Data penelitian dianalisis menggunakan perhitungan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis dominan berada pada indikator mengidentifikasi apa yang menjadi data dari pernyataan. Kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis pada mata kuliah Analisis Real, yaitu: 6,5% berada pada kategori Baik Sekali, 35,5% kategori baik, 29% kategori cukup dan 29% masih berada pada kategori tidak mampu membaca bukti.
References
Barnard, T. 2000. Why Are Proofs Difficult? The Mathematical Gazette, Vol. 84(501) : 415-422. [Online]. Tersedia: http://www.jstor.org.
Darmawan, P. 2016. Berpikir Analitik Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Bukti Secara Sintaksis. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2(2) : 154-165.
Faruq, A. 2014. Analisis Struktur Argumentasi dan Kemampuan Mengkonstruksi Bukti Matematika Siswa Sekolah Menengah. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hadi, S. 2016. Kemampuan Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Bukti Bentuk Biimplikasi Ditinjau dari Tingkat Kecemasan. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), Vol. 1(1) : 79-87.
Hanna, G. 1995. Challenge to the Importance of Proof. For the Learning of Mathematics,15(3).Canada: FLM Publishing Association.
Hernadi, J. 2008. Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2(1) : 1-13.
Morash, R. P. 1991. Bridge to Abstrac Mathematics : Mathematical Proof and Structure. New York: McGraw-Hill.inc.
Perbowo, K. S. dan Pradipta, T. R. 2017. Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. Kalamatika, Vol. 2(1) : 81-90.
Sumarmo, U. 2003. Advanced Mathematical Thinking dan Habit of Mind Mahasiswa. Bahan Ajar Mata Kuliah Kajian dan Isu Pendidikan Matematika Pascasarjana UPI dan STKIP Siliwangi Bandung. [Online]. Tersedia: https://docplayer.info/40412699-Advanced-mathematical-thinking-dan-habit-of-mind-mahasiswa.html
Selden, A. and Selden, J. 2003. Validation of Proof Considered as Texts: Can Undergraduates Tell Whether an Argument Proves a Theorem? Journal for Research Mathematics Education, Vol. 34(1) : 4-36.
Syawahid, M. 2015. Kemampuan Berpikir Formal Mahasiswa. Beta : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8(2) : 125-141.
Taufik, A. 2016. Diagnosis Kesulitan Mahasiswa di Universitas Kuningan dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT, Vol. 2(1) : 41-54.
Wahyuni, M. 2017. Analisis Problematika Perkuliahan Analisis Real. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1(1) : 135-149.
Weber, K. 2001. Student Difficulty in Constructing Proofs : The Need for Strategic Knowledge. Educational Studies in Mathematics, Vol. 48 : 101-119.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.