PENGEMBANGAN SOAL ESSAY UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Rika Handayani
  • Kashardi Kashardi
  • Yuriska Destania

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6791

Keywords:

soal, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Akker. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu dan dilaksanakan pada bulan Juli tahun ajaran 2019/2020. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SMP  Negeri 17 kelas VII A.  Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kevalidan soal diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan soal-soal dikembangkan dengan baik berdasarkan materi, konstruk, dan bahasa. Kepraktisan diketahui dari hasil one-to-one. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan 14 butir soal yang telah melalui tahap expert review dan one-to-one

References

Akker, J. Van de. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)â€. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Dirman dan Juarsih, C. 2014. Penilaian dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Maftukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Graha Ilmu.

Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, Vol. 2(1) : 45-57.

Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : PT. Leuser Cita Pustaka.

Wijaya, C. 2010. Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akker, J. Van de. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)â€. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Dirman dan Juarsih, C. 2014. Penilaian dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Maftukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Graha Ilmu.

Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, Vol. 2(1) : 45-57.

Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.

Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : PT. Leuser Cita Pustaka.

Wijaya, C. 2010. Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-01-02