PENGEMBANGAN SOAL ESSAY UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6791Keywords:
soal, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Akker. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu dan dilaksanakan pada bulan Juli tahun ajaran 2019/2020. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SMPÂ Negeri 17 kelas VII A. Â Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kevalidan soal diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan soal-soal dikembangkan dengan baik berdasarkan materi, konstruk, dan bahasa. Kepraktisan diketahui dari hasil one-to-one. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan 14 butir soal yang telah melalui tahap expert review dan one-to-one
References
Akker, J. Van de. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)â€. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Dirman dan Juarsih, C. 2014. Penilaian dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Maftukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Graha Ilmu.
Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, Vol. 2(1) : 45-57.
Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : PT. Leuser Cita Pustaka.
Wijaya, C. 2010. Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Akker, J. Van de. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)â€. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Dirman dan Juarsih, C. 2014. Penilaian dan Evaluasi Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Maftukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Graha Ilmu.
Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, Vol. 2(1) : 45-57.
Tessmer, M. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Turmudi. 2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : PT. Leuser Cita Pustaka.
Wijaya, C. 2010. Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.