Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7120Keywords:
media pembelajaran interaktif, I-Spring, peluangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi peluang yang valid, praktis dan efektif untuk siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan metode ADDIE dengan lima langkah tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid, praktis, dan efektif pada materi peluang untuk siswa SMA. Media ini diujicobakan kepada siswa kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 SMA Bina Warga 2 Palembang masing-masing sebanyak 26 siswa dan 23 siswa. Penelitian dilakukan pada September 2021 - Desember 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respons siswa dan soal tes hasil belajar siswa. Tingkat kevalidan yang dinilai oleh validator yang terdiri dari dua dosen dan satu guru mendapat skor 93,66 sehingga dikategorikan sangat valid. Tingkat kepraktisan setelah diujicobakan kepada siswa mendapat skor 82,8 sehingga dikategorikan praktis. Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh persentase skor 82,6% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan Game Puzzle sebagai Edugame Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 74-79.
Amirullah, G. & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38-47.
Aziz, M. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Chaerunisa, A. (2019). Pengembangan E-Module Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1), 16-21.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1-5.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177-190.
Handayani, D. & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan I-Spring dan APK Builder untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25.
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221-225.
Kemdikbud. (2003). Undang Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Komalasari, A. & Darmasih, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada Materi Operasi Aljabar. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(1), 46-51.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11.
Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1-9.
Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45-51.
Maryana, M., Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan I-Spring Quizmaker pada Materi Teorema Pythagoras. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53-61.
NCTM. (2000). Standards For School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics. Inc.
Nopriyanti, N. & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222-235.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.
Putridayani, I. B. & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Peluang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57-62.
Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 398-416.
Saputro, T. A., Kriswandani, K., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 pada Materi Aljabar Kelas VII. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 10-23.
Sumargono, S., Susanto, H., & Rachmedita, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan I-Spring Suite 6.2 untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 82-99.
Syaharuddin, S. & Mandailina, V. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 1(1), 1-4.
Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(1), 60-67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.