Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Kalkulator
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7625Keywords:
pemecahan masalah, inquiry, kalkulatorAbstract
Penelitian ini berawal dari masalah di SMP Al Ulum Medan yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kurangnya efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan menjadi penyebab rendahnya kemampuan tersebut. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mendapatkan model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator. Penelitian ini tergolong penelitian kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan pretest posttest control of group design. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari 2019 sampai dengan Maret 2019. Penelitian ini memiliki 64 siswa SMP Al Ulum Medan sebagai sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator, sedangkan kelas kontrol mendapat pembelajaran biasa. Data penelitian dianalisis menggunakan anava satu jalur pada program SPSS. Hasil perhitungan SPSS menunjukkan nilai sig 0,037 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.
References
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Grant, M. M. (2002). Getting A Grip on Project-Based Learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 5(1), 1-17.
Hadi, S. & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61.
Harahap, E. R. & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 7(1), 44-54.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hudoyo, H. (2004). Strategi Belajar Mengajar-Matematika. Malang: IKIP Malang Press.
Kemendikbud. (2013a). Permendiknas No.58 Tahun 2013 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2013b). Permendiknas No.65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Murti, M. K., Budiyono, & Kurniawati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inqury untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Phytagoras (Penelitian Dilakukan di Kelas VII B SMP Negeri 1 Colomadu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(3), 194-204.
Narpila, S. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Inquiry Berbantuan Software Cabri. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 150-173.
Pujilestari, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Segiempat Melalui Metode Inquiry pada Siswa SMP Negeri 19 Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2), 150-154.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Saragih, R. M. B. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Paradikma, 4(02), 104-116.
Sarinah. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa SMP Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Negeri Medan.
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Sutarto & Syarifuddin. (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.
Sutrisno. (2012). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(5), 39-50.
Wahyuni, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Universitas Negeri Medan.
Winarni, S. (2012). Penanaman Konsep Kesamaan dan Ketaksamaan Bilangan Desimal dengan Menggunakan Kalkulator pada Siswa Kelas IV SDN No. 7 Ngulak. Edumatica, 2(1), 20-25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.