Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.7658Keywords:
kemampuan numerik, kemampuan verbal, kecerdasan emosional, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) dekripsi kemampuan numerik, kemampuan verbal, kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika siswa. (2) pengaruh secara bersama-sama kemampuan numerik, kemampuan verbal dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa. (4) pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar matematika siswa. (5) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan sampel penelitian sebanyak 67 siswa yang menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen: (1) tes kemampuan numerik, (2) tes kemampuan verbal, (3) angket kecerdasan emosional, dan (4) tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan numerik berkategori sedang, kemampuan verbal berkategori sangat rendah, kecerdasan emosional berkategori tinggi dan hasil belajar matematika berkategori sedang. (2) kemampuan numerik, kemampuan verbal dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan pengaruh sebesar 29,3% (3) kemampuan numerik berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. (4) kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. (5) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.References
Akbar, H. A. (2016). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Sinjai Barat. Universitas Negeri Malang.
Askandar, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 44-49.
Aswadi, E. F. (2017). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 1 Kajuara. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Dewi, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika SMAN di Jakarta Timur. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 163-170.
Feniareny, D. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V SDN 204 Palembang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 104-112.
Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215-223.
Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik dan Verbal dalam Berpikir Kritis Matematika pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. AdMathEdu, 6(2), 121-130.
Jelatu, S., Mon, M. E., & San, S. (2019). Relasi antara Kemampuan Numerik dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1-18.
Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 72-87.
Manullang, M. (2016). Pengaruh Penguasaan Numerik dan Penguasaan Verbal Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 1-7.
Muhammad, N. H. (2019). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152-160.
Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233-245.
Ramadhan, M., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Latimojong. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 139-148.
Riani, N. K., Husna, A., & Gusmania, Y. (2022). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2359-2369.
Setyawan, D., & Amir, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 85-94.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kasmiati, Hastuty Musa, Andi Quraisy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.