Analisis Faktor Peserta, Pelatih, Prasarana, serta Materi Pelatihan yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-PLS

Authors

  • Maya Saftari Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur
  • Sinta Sinta Institut Sains Dan Bisnis Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7677

Keywords:

efektivitas pelatihan, Partial Least Square

Abstract

Kemampuan siswa secara akademik akan meningkat jika diadakan pelatihan kompetensi dari bidang ilmu yang dianggap perlu ditingkatkan terutama untuk persiapan ujian akhir nasional (UAN), sehingga perlu dilakukan pelatihan dan sekaligus melihat pengaruh pelatihan sendiri terhadap efektifitas pelatihan dengan tujuan peningkatan pemahaman siswa. Pengaruh pelatihan ini dapat dilihat dari beberapa variabel yang berpengaruh terhadap efektifitas pelatihan (Y) yaitu, peserta pelatihan (X1), pelatih (X2), sarana dan prasarana pelatihan (X3), serta materi pelatihan (X4). Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dengan subjek penelitian siswa SMK Sore Pangkalpinang yang berjumlah 26 orang sebagai sampel dari populasi kelas XII sebanyak 86 siswa. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari 2021 sampai April 2021. Analisis data menggunakan teknik analisa Partial Least Square (PLS) dengan pengolahan data memanfaatkan software Smart-PLS versi 3.0. Langkah analisa yaitu outer model, inner model, dan uji hipotesis dalam PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa indikator independen (X1, X2, X4) yang diduga memiliki pengaruh dan korelasi terhadap efektifitas pelatihan ternyata setelah dianalisa tidak memiliki pengaruh langsung terhadap efektifitas pelatihan atau dikatakan pengaruhnya sangat kecil. Untuk sarana dan prasarana pelatihan (X3) mempunyai pengaruh langsung terhadap efektifitas pelatihan.

References

Anuraga, G., Sulistiyawan, E., & Munadhiroh, S. (2017). Structural Equation Modeling–Partial Least Square untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) di Jawa Timur. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 257-263. Surabaya: Universitas Airlangga.

Garson, D. G. (2016). Partial Least Squares. In Multi-Label Dimensionality Reduction (third edit). Statitical Assocites Publishing.

Hayati, N. & Yulianto, E. (2021). Efektivitas Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 98-115.

Henseler, J., Hubona, G., & Ray, P. A. (2016). Using PLS Path Modeling in New Technology Research: Updated Guidelines. Industrial Management & Data Systems, 116(1), 2-20.

Hidayat, R., Zamri, S. N. A. S., & Zulnaidi, H. (2018). Exploratory and Confirmatory Factor Analysis of Achievement Goals for Indonesian Students in Mathematics Education Programmes. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12), 1-12.

Hussain, S., Fangwei, Z., Siddiqi, A. F., Ali, Z., & Shabbir, M. S. (2018). Structural Equation Model for Evaluating Factors Affecting Quality of Social Infrastructure Projects. Sustainability, 10(5), 1415.

Meitaningrum, D. A., Hardjanto, I., & Siswidiyanto. (2013). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Administrasi Publik, 1(3), 192-199.

Mokhtar, N. R. & Susilo, H. (2017). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi (Penelitian tentang pelatihan pada calon tenaga kerja Indonesia di PT Tritama Bina Karya Malang). Brawijaya University.

Noviyanti, R. & Nurhasanah. (1970). Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Nelayan di Teluk Banten: Menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Marine Fisheries: Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 10(1), 33-44.

Purnomo, P. & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2), 151-157.

Saftari, M., Marna, M., & Sariman, S. (2021). Analisis Sikap Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Materi Kuliah Statistik Probabilitas. KadikmA, 12(3), 108-116.

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Macro Powerpoint bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-37.

Setiawan, M. (2020). Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, Sarana Prasarana dan Pelatihan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik), 2(1), 56-63.

Sholiha, E. U. N. (2015). Structural Equation Modeling-Partial Least Square untuk Pemodelan Derajat Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Studi Kasus Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Jawa Timur 2013). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Trenggonowati, D. L. & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48-56.

Ulfa, R. (2021). Variabel dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 342-351.

Wibawa, G. N. A., Somayasa, W., Yahya, I., & Hidayat, A. (2018). Metode Bootstrap untuk Menduga Parameter Populasi pada Sampel Gerombol Dua Tahap yang Berukuran Kecil. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal, 1, 254-260. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Downloads

Published

2022-06-30