Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Materi Distribusi Peluang

Authors

  • Agus Supriadi Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7678

Keywords:

distribusi peluang, representasi matematis

Abstract

Distribusi peluang atau disebut juga dengan distribusi peluang peubah acak merupakan bagian materi dari Mata Kuliah Statistika Matematika. Materi ini adalah lanjutan dari materi peluang. Mahasiswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi distribusi peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi distribusi peluang. Peneltian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 22 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada September 2021 sampai Desember 2021. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi distribusi peluang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis, khususnya pada aspek representasi visual dan verbal.

                                                                                                                 

 

References

Andayani, S. & Jazim, J. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Pendekatan Realistik pada Mata Kuliah Statistika Matematika I. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 1-12.

Artuti, E., Uminastuti, P. P., & Hamdani, H. M. (2021). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Peubah Acak dan Distribusi Peluang di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan, 22(1), 12-24.

Astuti, R. (2017). Analisis Learning Obstacles Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Kombinatorial. Jurnal E-DuMath, 3(1), 56-64.

Batanero, C., Tauber, L. M., & Sánchez, V. (2004). Students’ Reasoning About The Normal Distribution. In The Challenge of Developing Statistical Literacy, Reasoning and Thinking (pp. 257-276). Springer, Dordrecht.

Bayazit, Ä°. & Gray, E. (2008). Qualitative Differences in The Teaching and Learning of The Constant Function. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 7(2), 147-163.

Bruce, M. H. (2012). The Role of Simulation in Secondary Students’ Reasoning About Probability Distributions. University of Georgia.

Cai, J., Jakabcsin, M. S., & Lane, S. (1996). Assessing Students’ Mathematical Communication. School Science and Mathematics, 96(5), 238-246.

Chadjipadelis, T. & Anastasiadou, S. (2010). Pre-Service Teachers’ Understanding of Probability Distributions: A Multilevel Statistical Analysis. 8th International Conference on Teaching Statistics (pp.1-4). Slovenia: IASE.

Dwinata, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Pemodelan RASCH pada Materi Permutasi dan Kombinasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 124-131. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Febrilia, B. R. A. (2017). Pembelajaran Distribusi Poisson dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 1-14.

Fergusson, A. & Pfannkuch, M. (2020). Development of An Informal Test for The Fit of A Probability Distribution Model for Teaching. Journal of Statistics Education, 28(3), 344-357.

Handayani, H. & Juanda, R. (2019). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumedang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 443-448. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Herrhyanto, N. & Gantini, T. (2009). Pengantar Statistika Matematis. Bandung: Yrama Widya.

Kadir. (2016). Statistika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan SPSS/Lisrel dalam Penelitian). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kahle, D. (2014). Animating Statistics: A New Kind of Applet for Exploring Probability Distributions. Journal of Statistics Education, 22(2), 1-21.

Lestari, I., Kesumawati, N., & Ningsih, Y. L. (2020). Mathematical Representation of Grade 7 Students in Set Theory Topics Through Problem-Based Learning. Infinity Journal, 9(1), 103-110.

Lusiana, L. & Ningsih, Y. L. (2018). Students’ Mathematical Representation Ability Through Implementation of Maple. Infinity Journal, 7(2), 155–164.

Nursyahidah, F. & Albab, I. U. (2017). Investigating Student Difficulties on Integral Calculus Based on Critical Thinking Aspects. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 211-218.

Prabawanto, S. (2012). Distribusi Peluang. http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/STATISTIK_DAN_PELUANG/BBM_6.pdf

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44.

Sari, P. S., Prihatiningtyas, N. C., & Utami, C. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Model Group Investigation pada Materi Turunan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 159-172.

Supranto, J. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Suryana, A. (2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 37-48. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryana, A. & Seruni, S. (2019). Advanced Mathematical Thinking dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Lanjut. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 15-28.

Suwarman, R. F. (2018). Analysis of the Student Ability of Understanding Mathematics in Mathematical Statistics I. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(1), 1-14.

Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (1993). Probability and Statistics for Engineers and Scientists. New York: Prentice Hall.

Downloads

Published

2022-06-30