Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7687Keywords:
problematika, proses belajar, matematika, Covid-19Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di MTs Al-Fatah Suradadi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, untuk memberikan gambaran problematika pendidikan matematika pada masa covid-19 di MTs Al-Fatah Suradadi. Teknik mengumpulkan data dengan metode angket, observasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa dan 1 guru matematika. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2021 sampai November 2021. Indikator dari angket yang disebarkan berupa minat dan respon siswa serta kendala pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid 19. Berdasarkan hasil dari angket yang diperoleh diketahui bahwa 9,5% siswa memilih untuk menjawab pertanyaan dengan sangat tidak setuju, 38,3% tidak setuju, 39% setuju, 13,2% sangat setuju, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada masa covid 19 memiliki beberapa problematika, banyak siswa yang minatnya rendah pada matematika. Problematika yang berupa kendala tersebut yaitu kurangnya minat matematika pada siswa, fasilitas yang terbatas pada pembelajaran daring serta waktu yang terbatas, siswa kurang mengerti teknologi, siswa tidak dapat memahami materi dengan baik melalui daring.
References
Aditia, A. (2021). Covid-19: Epidemiologi, Virologi, Penularan, Gejala Klinis, Diagnosa, Tatalaksana, Faktor Resiko dan Pencegahan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(4), 653-660.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, A., Listiana, I.D., & Larasati, S.P.D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 Sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.
Efendi, S., Lubis, S. A., & Nasution, W. N. (2018). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. Edu-Riligia, 2(2), 265-274.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(2), 48-60.
Hairi, P. J. (2020). Implikasi Hukum Pembatasan Sosial Berskala Besar Terkait Pencegahan Covid-19. Info Singkat Bidang Hukum, 12(7), 1-6.
Irfanudin, A. M., Kurniawati, E., Jamaluddin, J., Andalusi, R., & Noryani, N. (2020). Strategi Berbisnis Online di Tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 Covid-19. Dedikasi PKM UNPAM, 1(1), 63-68.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda). PEKA, 6(2), 90-103.
Lindawati, Y. I. & Rahman, C. A. (2020). Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2020, 3(1), 60-67. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1-8. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Pinahayu, E. A. R. (2017). Problematika Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika SMP di Brebes. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 77-85.
Purnomo, P. & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak, dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 151-157.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.
Saniah, S. (2013). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 012 Tenggarong. Jurnal Cemerlang, 1(2), 1-10.
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31.
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(2), 14-19.
Simbolon, S. & Harahap, A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Masa Covid-19. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2020-2028.
Susanto, H. A. (2012). Nilai Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Pembentukan Kepribadian. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 116-124.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.
Utami, Y. P. & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Wulandari, A., Rahman, F., Pujianti, N., Riana Sari, A., Laily, N., Anggraini, L., Muddiri, F., Ridwan, A., Anhar, V., Azmiyannoor, M., & Prasetio. (2020). Hubungan Karakteristik Individu dengan Pengetahuan Tentang Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Pada Masyarakat di Kalimantan Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 42-46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.