Mengembangkan Media Interaktif Berbasis Visual Basic untuk Pembelajaran Akar Persamaan Kuadrat
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.7693Keywords:
Visual Basic, akar persamaan kuadratAbstract
Media pembelajaran program Visual Basic untuk materi akar persamaan kuadrat ini diperoleh melalui penelitian pengembangan (R&D) dengan tahapan model ADDIE. Peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMA Bina Lestari Palembang digunakan sebagai subjek penelitian. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan proses walkthrough, pemberian angket respon peserta didik, dan pemberian tes hasil belajar. Data hasil penelitian diulas secara deskriptif. Tingkat kevalidan produk yang dinilai oleh validator berdasarkan aspek media, materi, dan bahasa memperoleh nilai 82,6% (sangat valid). Tingkat kepraktisan produk setelah diujicobakan ke peserta didik memperoleh nilai 88,8 % (sangat praktis), serta efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik memperoleh nilai 91% (sangat baik). Media program Visual Basic yang telah dikembangkan ini termasuk sangat valid, sangat praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didikReferences
Adeliyanti, S., Hobri, H., & Suharto, S. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. KadikmA, 9(1), 123-130.
Afandi, R. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi “Masyarakat Ekonomi Asean†(Asean Economic Community) pada 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Surabaya: Unesa.
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.
Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210-223.
Kuncahyono, K., & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning sebagai Pendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 292-304.
Kuswanto, J. (2017). Pengembangan Game Berhitung dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 2(1), 59-67.
Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint disertai Visual Basic For Application Materi Jarak pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45-53.
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.
Nurhayati, L., & Chotimah, S. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Visual Basic Application Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD pada Materi Bilangan Prima. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 19-26.
Nurmaenah, N. C., Agini, S., Putri, Y., & Chotimah, S. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa pada Materi KPK dan FPB Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Visual Basic Excel (VBE). Journal On Education, 2(4), 275-282.
Putri, S. M. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1), 21-29.
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80.
Rosmayanti, D., & Zanthy, L. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 401-414.
Sulistyosari, Y. (2018). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar IPS pada SMP/MTS Se-Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 3(2), 178-189.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika: untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika. Alfabeta.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461-466.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Karina Dwi Lestari, Ali Syahbana, Asnurul Isroqmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.