Pengembangan LKS untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP

Authors

  • Selvi Riwayati universitas muhammadiyah bengkulu
  • Relawati Relawati
  • Indah Utami

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7722

Keywords:

LKS, berpikir kreatif matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid dan praktis untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi volume kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini hanya menggunakan tahap define, design, development. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 61 Bengkulu Utara pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian uji terbatas ini adalah 6 orang siswa-siswi kelas VIII SMP N 61 Bengkulu Utara. Hasil dari penelitian ini adalah lembar kerja siswa (LKS) materi volume kubus dan balok untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang valid dan praktis. Kevalidan LKS dilihat dari komentar dan saran validator terhadap LKS dan kepraktisan LKS dilihat dari hasil pengerjaan LKS yang diberikan pada siswa kelas VIII di SMP N 61 Bengkulu Utara

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akker, J. Van Den. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design approaches and tools in education and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan Keefektifan PBL Berseting TGT dan GI Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif dan Toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55-65.

Hamzah, H. M. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48-57.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kartika, Y., & Wahyuni, R. (2017). Digital Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Compact Disc of Math (CD-M) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5, 28-33.

Kemdikbud. (2013). Permendikbud RI Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Seminar Nasional Matematika XV, 1-9. Manado: Unima.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21-31.

Risnanosanti. (2011). The Effect of Mathematics Self Efficacy Toward Mathematical Creative Thinking Ability of SMA Student in Bengkulu City. Proceeding of International Seminar and The Fourth National Conference on Mathematic Education, 847–856. Yogyakarta: UNY.

Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 26-34.

Riwayati, S., Atmajaya, L., & Masri, M. (2020). Rancangan Soal Open Ended Berbasis Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 990–998.

Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 161–167.

Suyanto. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidorajo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-06-30