Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga

Authors

  • Mifta Octafiana universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina
  • Putri Fitriasari

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.7969

Keywords:

kemampuan berpikir kritis

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang memerlukan penalaran untuk membuktikan pengetahuan yang diperolehnya. Kemampuan ini sangat penting dalam proses penarikan kesimpulan dalam hal penyelesaian masalah matematika. Namun, pada kenyataannya siswa belum mampu menerapkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi segitiga di MTS Miftahul Ulum Telang Karya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes berbentuk uraian. Subjek penelitian ini yaitu guru matematika dan siswa kelas VIII. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan persentase rata-rata tiap indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal mencapai 75,33%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTS Miftahul Ulum Telang Karya sudah masuk dalam kategori baik.

References

Bakri, A., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 56-64.

Hendrayana, A. (2008). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika. SPs UPI Bandung.

Hidayat, W., Noto, M. S., & Sariningsih, R. (2019). The Influence of Adversity Quotient on Students’ Mathematical Understanding Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 32077.

Karim, K. & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

Kemdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT. Refika Aditama.

Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode IMPROVE pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 190-197.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. KadikmA, 7(1), 84-93.

Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12-19.

Simbolon, M., Manullang, M., Suya, E., & Syahputra, E. (2017). The Efforts to Improving the Critical Thinking Student’s Ability Through Problem Solving Learning Strategy by Using Macromedia Flash at SMP Negeri 5 Padang Bolak. Novelty Journals, 4(1), 82-90.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundahry, S., Fitria, Y., & Rakimahwati, R. (2018). The Effect Reciprocal Teaching Strategy of Critical Thinking Skills in Learning Tematic Class V. PROCEEDING ICESST 2018 International Conferences on Education, Social Sciences and Technology, 806-812. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sundari, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45-57.

Temel, S. (2014). The Effects of Problem-based learning on Pre-service Teachers’ Critical Thinking Dispositions and Perceptions of Problem-Solving Ability. South African Journal of Education, 34(1), 1-20.

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.

Downloads

Published

2022-06-30