Eksplorasi Etnomatematika dalam Alat Musik Gendang Beleq Suku Sasak

Authors

  • Dwi Novitasari Universitas Mataram
  • Nyoman Sridana Universitas Mataram
  • Ratna Yulis Tyaningsih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.7970

Keywords:

etnomatematika, gendang beleq, suku Sasak

Abstract

Disadari maupun tidak, matematika sangat berkaitan erat dengan budaya m masyarakat Indonesia. Salah satunya pada alat musik gendang beleq yang sangat terkenal di Pulau Lombok bahkan sering digunakan dalam pertunjukan dan acara besar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengekspolari konsep matematika dalam alat musik gendang beleq suku Sasak Pulau Lombok yang terdiri dari gendang beleq, reong dan gong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model etnografi (antropologi kognitif). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Wawancara dilakukan pada dua orang pengrajin alat musik gendang beleq di Pulau Lombok dan dua orang budayawan untuk mengumpulkan informasi terkait cara pembuatan, maksud serta fungsi dari tiap bagian alat musik gendang beleq sampai cara memainkannya. Analisis data menggunakan pendekatan etnografi yang terdiri dari tahapan (1) menetapkan informan, (2) melakukan wawancara dengan informan, (3) membuat catatan etnografi, (4) mengajukan pertanyaan deskriptif, (5) menganalisis hasil wawancara etnografi, (6) membuat analisis domain, (7) mengajukan pertanyaan struktural, (8) melakukan analisis taksonomi, dan (9) menulis etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika dalam alat musik gendang beleq yaitu geometri dua dimensi (lingkaran, segitiga dan segi lima), geometri tiga dimensi (kerucut terpancung), geometri transformasi (translasi dan dilatasi) serta barisan aritmatika dimana konsep geometri ditemukan paling dominan.

Author Biographies

Dwi Novitasari, Universitas Mataram

Department of Mathematics Education

Nyoman Sridana, Universitas Mataram

Department of Mathematics Education

Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram

Department of Mathematics Education

References

Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in Perspective of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-16.

Adam, N. A. (2010). Mutual Interrogation: A methodological process in ethnomathematical research. Procedia-Social and Behavioral Sciences International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010, 8, 700-707.

Albanese, V., & Perales, F. J. (2015). Enculturation with Ethnomathematical Microprojects: From culture to mathematics. Journal of Mathematics & Culture, 9, 1-11.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study Ethnomathematics : A lesson of baduy culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681-688.

Ascher, M. (1997). Malagasy Sikidy: A case in ethnomathematics. Historia Mathematica, 24(4), 376-395.

Bender, A., & Beller, S. (2018). Ethnomathematics and Numerical Cognition. The International Encyclopedia of Anthropology, 1-10.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. JSTOR, 5(1), 44–48.

D’Ambrosio, U., & D’Ambrosio, B. S. (2013). The Role of Ethnomathematics in Curricular Leadership in Mathematics Education. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 4, 32-38.

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of The Toba Cmmunity: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 1–6.

Fitriza, R., Afriyani, D., Turmudi, & Juandi, D. (2018). The Exploration of Ethno-Mathematics Embedded on Traditional Architecture of Rumah Gadang Minangkabau. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 160(Incomed 2017), 270-276.

Haryanto, Nusantara, T., Subanji, & Rahardjo, S. (2017). Ethnomathematics in Arfak West Papua-Indonesia Numeracy of Arfak. International Journal of Scientific & Technology Research, 06(09), 325-327.

Junaidi, Wulandari, N. P., & Hamdani, D. (2021). Subahnale dan Rang-rang Pembelajaran Matematika SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 660-668.

Küçük, A. (2014). Ethnomathematics in Anatolia-Turkey: Mathematical Thoughts in Multiculturalism. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 7(1), 171-184.

Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., Ruchjana, B. N., & Abdullah, A. S. (2017). The Role of Ethnomathematics in West Java (A Peliminary Analysis of Case Study in Cipatujah). Journal of Physics: Conference Series, 893(012020), 1-8.

Mahyudi, M., & Yanti, R. S. (2020). Budaya Tabot Bengkulu Sebagai Pendekatan Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 96-106.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198.

Pramudita, K., & Rosnawati, R. (2019). Exploration of Javanese Culture Ethnomathematics Based on Geometry Perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1200(012002), 1-8.

Pratiwi, A. A., Effendi, M. M., & Ummah, S. K. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika Tipe PISA Berkarakteristik Kebudayaan Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 18-53.

Rohin, W. F. (2019). Bentuk Penyajian Gendang Beleq Guntur Tlu Desa Songkak Kecamatan Sakra Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Tamumatra Jurnal Seni Pertunjukan, 2(1), 28-35.

Rohman, R., Andinasari, A., & Wasiran, Y. (2022). Perancangan Prototype Multimedia Interaktif pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 119-128.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodelling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modelling. Journal of Urban Mathematics Education, 6(2), 62-80.

Saifuddin, F. (2018). Denotative and Connotative Meaning ff Signs in Lombok Musical Instrument (Gendang Beleq). International Journal of English Literature and Social Sciences, 3(1), 97-100.

Septianawati, T., Turmudi, & Puspita, E. (2017). Ethnomathematics Study: Uncovering Units of Length, Area, and Volume in Kampung Naga Society. Journal of Physics: Conference Series, 812(012021), 1-7.

Spradley, J. P. (1988). The Ethnographic Interview. In Holt, Rinehart, & Wiston (Eds.), Occupational Therapy in Mental Health (Vol. 8, Issue 2). Harcourt Brace Jovanovich College Publisher.

Sumardi, N. K. (2018). Evolusi Gendang Beleq Lombok. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 1(2), 63-69.

Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47-57.

Supriadi, S., Susilawati, S., & Tristyanto, B. (2019). Ethnomathematics in Mathematics, Social and Physical Education. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012126).

Susanti, Y., Friansah, D., & Elly S, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi SPLDV. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 60-70.

Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324-335.

Triutami, T. W., Novitasari, D., Wulandari, N. P., Purwanto, P., & Abadyo, A. (2020). The Use of Scaffolding to Enhance Students’ Ability in Solving Geometry Problems. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 465(Access 2019), 94-98.

Utami, N. W., Sayuti, S. A., & Jailani. (2019). Math and Mate in Javanese Primbon: Ethnomathematics study. Journal on Mathematics Education, 10(3), 341-356.

Wulandari, E., & Fitrianawati, M. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Kelas V pada Materi Geometri Berbasis Etnomatematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.

Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring Ethnomathematics in Central Java. Journal of Physics: Conference Series, 983(012108), 1-6.

Downloads

Published

2022-12-30