Perancangan Prototype Multimedia Interaktif pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rohman Rohman
  • Andinasari Andinasari
  • Yulianto Wasiran

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.8000

Keywords:

prototype, multimedia interaktif, bangun ruang

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai dan dipahami, penguasaan matematika haruslah kuat sebagai dasar untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype multimedia interaktif pada bangun ruang sisi lengkung yang valid dan praktis. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDIT Salsabila Palembang. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Proses pengembangan multimedia interaktif dimulai dari tahap preliminary dan tahap prototyping. Multimedia interaktif  dikembangkan pada tahap preliminary yaitu persiapan konsep yang belum dikuasai siswa, perencanaan atas dasar konsep yang masih belum dikuasai siswa, menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, silabus, RPP, menentukan unsur-unsur bahan ajar, mengumpulkan materi, menyusun draft bahan untuk membuat multimedia interaktif,  uji  one  to  one  dan  expert  review.  Dari  perancangan  prototype  ini dihasilkan prototype multimedia interaktif volume bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar yang valid dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ajoke, A. R. (2017). The Importance of Instructional Materials in Teaching English as a Second Language. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 6(9), 36-44.

Akker, J.V.D. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Educational and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Anjalina, E. & Mashami, R. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Hidrolisis Garam Berbasis Problem Based Learning untuk Penumbuhan Keterampilan Generik Sains Siswa. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 02, 1-10.

Antari, L., Muslimin, & Rohman. (2021). Perancangan Prototype Bahan Ajar Tema Jembatan Ampera dan Sungai Musi Materi Pembagian Kelas II Sekolah Dasar. JPPM FKIP UM Palembang, 5(2), 174-182.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Scholaria), 10(3), 282-289.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna, 3(1), 12-27.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Gersten, R. M., Jordan, N. C., & Flojo, J. R. (2005). Early Identification and Interventions for Students With Mathematics Difficulties. Journal of Learning Disabilities, 38(4), 293-304.

Hakim, M. L., Setyawati, R. D., & Nursyahidah, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 12-20.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(20), 143-156.

Ikronudi, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Bertanya dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pondok Kubang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 84-89.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1), 43-54.

Kemendikbud RI. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajar

an-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/

Mulyati, T. M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1-20.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The NCTM.

Nugraha, A. N. C. & Muhtadi, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 16-31.

Rahman, A. & Ahmar, A. S. (2017). Relationship Between Learning Styles and Learning Achievement in Mathematics Based on Genders. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 74-77.

Rasiman, R. (2016). Pembelajaran Matematika Dulu, Kini, dan yang Akan Datang. Prosiding Seminar Nasional MASIF II UPGRI Semarang, 9-14.

Sriwongchai, A., Jantharajit, N., & Chookhampaeng, S. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking In Thailand. International Education Studies, 8(11), 77-87.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations : Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.

Yuwono, A. (2016). Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 6-7.

Downloads

Published

2022-06-30