Perancangan Prototype Multimedia Interaktif pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.8000Keywords:
prototype, multimedia interaktif, bangun ruangAbstract
Matematika merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai dan dipahami, penguasaan matematika haruslah kuat sebagai dasar untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype multimedia interaktif pada bangun ruang sisi lengkung yang valid dan praktis. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDIT Salsabila Palembang. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Proses pengembangan multimedia interaktif dimulai dari tahap preliminary dan tahap prototyping. Multimedia interaktif  dikembangkan pada tahap preliminary yaitu persiapan konsep yang belum dikuasai siswa, perencanaan atas dasar konsep yang masih belum dikuasai siswa, menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, silabus, RPP, menentukan unsur-unsur bahan ajar, mengumpulkan materi, menyusun draft bahan untuk membuat multimedia interaktif, uji  one  to one  dan  expert  review. Dari  perancangan  prototype  ini dihasilkan prototype multimedia interaktif volume bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar yang valid dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Ajoke, A. R. (2017). The Importance of Instructional Materials in Teaching English as a Second Language. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 6(9), 36-44.
Akker, J.V.D. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Educational and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Anjalina, E. & Mashami, R. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Hidrolisis Garam Berbasis Problem Based Learning untuk Penumbuhan Keterampilan Generik Sains Siswa. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 02, 1-10.
Antari, L., Muslimin, & Rohman. (2021). Perancangan Prototype Bahan Ajar Tema Jembatan Ampera dan Sungai Musi Materi Pembagian Kelas II Sekolah Dasar. JPPM FKIP UM Palembang, 5(2), 174-182.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Scholaria), 10(3), 282-289.
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna, 3(1), 12-27.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Gersten, R. M., Jordan, N. C., & Flojo, J. R. (2005). Early Identification and Interventions for Students With Mathematics Difficulties. Journal of Learning Disabilities, 38(4), 293-304.
Hakim, M. L., Setyawati, R. D., & Nursyahidah, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 12-20.
Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(20), 143-156.
Ikronudi, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pencapaian Konsep Terhadap Kemampuan Bertanya dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pondok Kubang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 84-89.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1), 43-54.
Kemendikbud RI. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajar
an-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
Mulyati, T. M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1-20.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The NCTM.
Nugraha, A. N. C. & Muhtadi, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 16-31.
Rahman, A. & Ahmar, A. S. (2017). Relationship Between Learning Styles and Learning Achievement in Mathematics Based on Genders. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 74-77.
Rasiman, R. (2016). Pembelajaran Matematika Dulu, Kini, dan yang Akan Datang. Prosiding Seminar Nasional MASIF II UPGRI Semarang, 9-14.
Sriwongchai, A., Jantharajit, N., & Chookhampaeng, S. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking In Thailand. International Education Studies, 8(11), 77-87.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations : Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125-132.
Yuwono, A. (2016). Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 6-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.