Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang

Authors

  • Vira Nurkomaria Universitas PGRI Palembang
  • Lusiana Lusiana Universitas PGRI Palembang
  • Zainab Zainab Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.8730

Keywords:

hasil belajar, PBL, peluang

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII.5 SMP Negeri 39 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rencana, tindakan, pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.5 yang berjumlah 19 orang dan objek penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif sehingga hasil penelitian siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada materi peluang adalah 64,6 dengan ketuntasan klasikal 48% dilanjutkan pada siklus II dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata hasil belajar adalah 91,6 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII.5 SMP Negeri 39 Palembang pada materi peluang.

 

References

Agustine, P. C., & Apriani, F. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Challenge Based Learning Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 196–205.

Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33-44.

Andini, M. D., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Novaliyosi, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Peluang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 116-124.

Bennu, S., & Tandiayuk, M. B. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peluang di kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sindue. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(4), 437-450.

Fauzia, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.

Lingga, B., & Sipayung, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Silimakuta. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 3(1), 21-27.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 150-163.

Narpila, S. D., & Sihotang, S. F. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Kalkulator. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 76-85.

Pangastuti, P. D., Marhamah, M., & Surmilasari, N. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah pada Materi Bentuk Aljabar Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 25-34.

Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567-578.

Rammadan, A. P., & Budiman, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Rawamerta pada Materi Peluang. Prisma, 11(1), 154-164.

Sriwati, I. G. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 302-313.

Yunianti, R., Oktiana, S. D., Finisa, L., & Sabilla, N. I. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 1-13.

Zainab. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Komik Materi Peluang pada Pembelajaran Matematika Jarak Jauh di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan. Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatera Selatan dan Universitas PGRI Palembang, 144-151. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2022-12-30