Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Persiapan Tes UTBK Siswa SMAN 1 Kefamenanu
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9062Keywords:
Behavioristik, tes, UTBKAbstract
Dalam hal persiapan tes UTBK, siswa perlu mendalami soal-soal UTBK melalui suatu kegiatan bimbingan yang dilakukan secarakonsisten. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi teori belajar Behavioristik dalam hal persiapan tes UTBK. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan teori belajar Behavioristik dalam persiapan tes UTBK. Data di ambil setelah kegiatan bimbingan menggunakan istrumen angket 8 pertanyaan yang valid. Â Instrument yang digunakan memuat kategori-kategori teori belajar Behavioristik yaitu Law of Readiness, Law of Effect, Law of Exercise, Law of Respondent Conditioning, Law of Respondent Extinction, Punishment, Penguat Positif dan Keterlibatan Langsung. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis untuk masing-masing pertanyaan. Secara kumultatif, implementasi teori belajar Behavioristik dalam persiapan tes UTBK tergolong dalam kategori cukup.References
Anam, S. M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
Dhori, M. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. Journal of Islamic Education, 1(1), 95-107.
Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Kalkulus. M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145-158.
Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15-25.
Ismail, R. N., Mudjiran, & Neviyarni. (2019). Behavioristik Pembelajaran Matematika. MENARA Ilmu, XIII(11), 76-88.
Khulaidah, F. (2021). Efektivitas Metode Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Muhammadiyah Malang.
Laja, Y. P. W., & Hijriani, L. (2022). Cognitive Development of Mathematics Education Students based on Piaget’s Theory in terms of Gender Differences. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1), 33-42.
Mufida, A. N. (2018). Pengaruh Proses Pembelajaran dalam Teori Behavioristik Terhadap Kecerdasan Sosial dan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Najiyah Putri Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Muyassarah, M. I. (2015). Teori Tentang Belajar dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1), 245-256.
Nasution, M. (2015). Teori Pembelajaran Matematika Menurut Aliran Psikologi Behavioristik (Tingkah Laku). LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 3(1), 109-121.
Ningsih, E. A. S., Ariani, N. M., & Syofiana, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 136-145.
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., ... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 402-409.
Qomaria, N. (2019). Gallery Walk: Strategi untuk mengoptimalkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1-9.
Rahayu, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemberian Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa UPTD SMP Negeri Prambon Pada Materi Garis dan Sudut. J. Simki-Techsain, 1(2), 1-7.
Rohman, N. (2021). Behaviorism Theory Analysis (Thorndike) in Mathematics and Indonesian Language SDN UPT XVII Mukti Jaya Aceh Singkil. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 223-236.
Sholikhah, U. A., & Fauziati, E. (2021). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Edward Lee Thordike dalam Pembelajaran Matematika. E-JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS LENTERA ARFAK, 1(1), 61-67.
Simarmata, J E, & Ahzan, Z. N. (2021). Bimbingan dan Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal UTBK bagi Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(4), 1015–1024.
Simarmata, J. E., Laja, Y. P. W., Salsinha, C. N., Kehi, Y. J., Laki, A. G., Gomes, M. R., ... & Meti, H. Y. (2022). Pelatihan Tes Kemampuan Akademik bagi Siswa SMA Kelas XII untuk Persiapan UTBK SBMPTN 2022. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 471-479.
Slamet, S., & Maarif, S. (2014). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda dengan Reward dan Punishment Score pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Infinity Journal, 3(1), 59-80
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tamba, W. M. M., Sembiring, R. K., & Simanjuntak, S. D. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Level Teori Belajar Van Hiele pada Materi Segiempat. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 15-24.
Yusni, W. U. (2017). Upaya Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran Operasi Hitung Bentuk Aljabar Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) di Kelas VII SMP Negeri 36 Medan T. A. 2016/2017. Universitas Negeri Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.