Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi: Bantuan atau Gangguan Belajar?

Authors

  • Kadir Kadir IAIN Manado
  • Andi Asma IAIN Manado

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9082

Keywords:

penggunaan smartphone, pembelajaran matematika, pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penggunaan smartphone dalam pembelajaran matematika di masa pandemi siswa SMAN 1 Pinogaluman apakah bantuan atau gangguan belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan 105 siswa yang menjawab kuesioner untuk mendapatkan profil dan kebiasaaan tentang penggunaan smartphone dalam keseharian. Selain itu, FGD dilakukan untuk menulusuri secara mendalam dampak dari pemanfaatan smartphone yang merupakan tujuan utama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sosial media dan pesan instan merupakan aplikasi utama yang selalu diakses siswa dengan persentase 83% sehari. Terdapat dua aspek utama bantuan belajar yang dirasakan siswa yaitu multi sumber belajar dan kenyamanan. Smartphone dianggap sebagai bantuan belajar dengan menyediakan akses ke berbagai sumber informasi pembelajaran matematika. Kecepatan dalam mengakses internet dan kemudahan dalam berdiskusi merupakan aspek kenyamanan yang dirasakan siswa. Namun, terdapat gangguan yang mungkin ditimbulkan seperti ketergantungan, penurunan kualitas konten pembelajaran, distraksi dan penurunan hands on skill menjadi tantangan bila mengintegrasikan smartphone dalam pembelajaran.

Author Biography

Kadir Kadir, IAIN Manado

PGMI-FTIK

References

Anshari, M., Almunawar, M. N., Shahrill, M., Wicaksono, D. K., & Huda, M. (2017). Smartphones usage in the classrooms: Learning aid or interference?. Education and Information Technologies, 22(6), 3063-3079.

Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Mobile Learning) Berbasis Android. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M), 115-124. Mataram: UMT.

Ariansyah, F., Septiati, E., & Octaria, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 36-48.

Ariyanto, L., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2018). Mobile Phone Application for Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12106.

Carey, M. A., & Smith, M. W. (1994). Capturing The Group Effect in Focus Groups: A special concern in analysis. Qualitative Health Research, 4(1), 123-127.

Darmanto, D., Hari, Y., & Hermawan, B. (2015). Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Mandarin. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank, 978-979. Semarang: Unisbank.

Dinara, A. (2015). Pengaruh Sikap dan Karakteristik Konsumen Terhadap Penggunaan Ponsel Pintar Layar Sentuh. Jurnal Sosioteknologi, 14(3), 261-272.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.

Fitri, S. (2017). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118-123.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education, 19, 18-26.

Hidayat, D. (1997). Penggunaan Kalkulator dalam Pengajaran Matematika Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 16(1), 173-180.

Isroqmi, A. (2020). Software Aplikasi Pembuat Animasi Sebagai Alternatif Pengganti Alat Peraga untuk Menanamkan Konsep Dasar Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 146-158.

Haq, M. K. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Smartphone Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mata Kuliah Studi Fiqh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Maliki Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Jeng, Y.-L., Wu, T.-T., Huang, Y.-M., Tan, Q., & Yang, S. J. H. (2010). The Add-on Impact of Mobile Applications in Learning Strategies: A review study. Journal of Educational Technology & Society, 13(3), 3-11.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43-52.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139-146.

Lin, Y., & Liu, Q. (2020). Perceived Subjective Social Status and Smartphone Addiction Tendency Among Chinese Adolescents: A sequential mediation model. Children and Youth Services Review, 116, 105222.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Muhajir, N. (1993). Metodologi Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Rike Sarasia.

Musa, N., & Ishak, M. S. (2021). The Phenomenon of Google Effect, Digital Amnesia and Nomophobia in Academic Perspective. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5, 1-15.

Pauli, P., Koch, A., & Allgöwer, F. (2020). Smartphone Apps for Learning Progress and Course Revision. IFAC-PapersOnline, 53(2), 17368-17373.

Pearson, C., & Hussain, Z. (2017). Smartphone Use, Addiction, Narcissism, and Personality: A mixed methods investigation. In Gaming and Technology Addiction: Breakthroughs in research and practice (pp. 212-229). IGI Global.

Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133-141.

Prajana, A. (2018). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN AR-RANIRY Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 122-133.

Priangga, Y. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1116-1126.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Saadeh, H., Al Fayez, R. Q., Al Refaei, A., Shewaikani, N., Khawaldah, H., Abu-Shanab, S., & Al-Hussaini, M. (2021). Smartphone Use Among University Students During COVID-19 Quarantine: An ethical trigger. Frontiers in Public Health, 9,1-11.

Septiani, H., & Sylvia, I. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 80-90.

Sparrow, B., Liu, J., & Wegner, D. M. (2011). Google Effects on Memory: Cognitive consequences of having information at our fingertips. Science, 333(6043), 776-778.

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449-456.

Tossell, C. C., Kortum, P., Shepard, C., Rahmati, A., & Zhong, L. (2015). You Can Lead A Horse to Water But You Cannot Make Him Learn: Smartphone use in higher education. British Journal of Educational Technology, 46(4), 713-724.

United Nations. (2022). Policy Brief: Education during COVID-19 and beyond. https://education4resilience.iiep.unesco.org/en/resources/2020/policy-brief-education-during-covid-19-and-beyond.

Yan, L., Whitelock-Wainwright, A., Guan, Q., Wen, G., Gašević, D., & Chen, G. (2021). Students’ Experience of Online Learning During The Covid-19 Pandemic: A province-wide survey study. British Journal of Educational Technology, 52(5), 2038-2057.

Yunianti, R., Oktiana, S. D., Finisa, L., & Sabilla, I. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 1-13.

Yuwanto, L. (2013). Pengembangan Alat Ukur Blackberry Messenger Addict. Prosiding PESAT, 61-70. Bandung: Universitas Gunadarma.

Zulkefly, S. N., & Baharudin, R. (2009). Mobile Phone Use Amongst Students in A University in Malaysia: Its correlates and relationship to psychological health. European Journal of Scientific Research, 37(2), 206-218.

Downloads

Published

2022-12-30