Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9561Keywords:
pemecahan masalah matematis, bangun datarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun datar. Tempat penelitian ini dilaksanakan yaitu di SMP N 1 Betung kelas VII.F pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan soal tes sebanyak 9 soal berbentuk uraian materi bangun datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan untuk indikator memahami masalah 66,66%, membuat atau menyusun pemodelan matematika 42,74%, memilih dan mengembangkan strategi 40,32%, serta mampu memeriksa kebenaran dan menjelaskan jawaban yang diperoleh 29,43%. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari hasil tes siswa rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII.F pada materi bangun datar masih dalam kategori rendah sebesar 44,79
References
Aulina, N., Andinasari, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Keefektifan Model Missouri Mathematics Project Dengan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197.
Juhrani, J., Suyitno, H., & Khumaedi, K. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran MEA. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251-258.
Ketren, O. Y., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58-67.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.
Martin, W. G. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of Mathematics.
Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). Miskonsepsi Siswa SMP dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar VAK. MATHEdunesa, 7(2), 232-239.
Narpila, S. D., & Sihotang, S. F. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Kalkulator. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 76-85.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.
Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-32.
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Remaja Rosdakarya.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163-177.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika: Untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika. Alfabeta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.
Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12-19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.