Etnomatematika Madura: Keraton Sumenep sebagai Sumber Belajar Matematika

Authors

  • Nur Qomaria Universitas Trunojoyo Madura
  • Ana Yuniasti Retno Wulandari Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9875

Keywords:

etnomatematika, keraton sumenep, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika pada bangunan Keraton Sumenep dan benda-benda peninggalannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kajian literatur. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat alur tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil eksplorasi ernomatematika pada keraton Sumenep ditemukan bahwa bangunan dan benda-benda peninggalan keraton berkaitan dengan konsep bangun datar, bangun ruang, dan transformasi geometri. Konsep-konsep tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai masalah kontekstual sekaligus menjadi salah satu alternatif dalam pelestarian budaya dan pengembangan kepariwisataan di lingkup pendidikan.

References

Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in Perspective of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-16.

Abdullah, M. G., & Liana, C. (2018). Perkembangan Museum Keraton Sumenep sebagai Objek Pariwisata Tahun 1994-2014. Avatara, 7(1), 1-9.

Adawia, A., Dinantika, T., & Susanti, E. (2019). Etnomatematika: Transaksi jual beli masyarakat Madura. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 3(1), 244-249. Malang: Universitas Negeri Malang.

Agusdianita, N., Karjiyati, V., & Sufiyandi. (2020). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery. Proceedings of The International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 317-324. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Aini, Z., Afifah, N., Muslim, I., & Hasanah, S. I. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi budaya kerabhen sape Madura. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 177-183.

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13-24.

Bahrodin, Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Soulmath: Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 7(2), 113-124.

Bisri, M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Penentuan Volume Kerucut di SMP Negeri 21 Surabaya. Widyaloka, 9(2), 228-237.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in The History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

D’Ambrosio, U. (2016). An Overview of The History of Ethnomathematic. In M. Rosa, U. D’Ambrosio, D. C. Orey, L. Shirley, W. v. Alangui, P. Palhares, & M. E. Gavarrete (Eds.), Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, 5-10. Springer International Publishing.

Dhofir, D., Halim, D., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (Selodor Bhanteng): Media nostalgia dalam menanamkan konsep matematika pada anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220-230.

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64-79.

Ediyanto, Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 203-209.

Hafsi, A. R., & Hasanah, S. I. (2018). Kajian Etnomatematika pada Rumat Adat Taneyan Lanjeng. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 18, 191-197. Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Hasanah, U. (2021). Desain Didaktis dengan Pembelajaran Matematika Realistik pada Konsep Luas Permukaan Kubus dan Balok. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 57-66.

Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141-152.

Khairani, N., & Sukmawarti. (2022). Batak Culture-based Math Comics for Learning Geometry in Primary School: A development study. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(1), 78-92.

Kurniati, C. N., & Mariani, S. (2020). Qualitative Analysis on Mathematical Literacy Ability and Student Responsibility with Realistic Mathematics Education Learning Models of Ethnomathematics Nuance. Unnes Journal of Mathematics, 9(3), 227-235.

Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The Ability to Solve Mathematical Problems Through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1731(2021), 1-6.

Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers’ Perception Toward The Use of Ethnomathematics Approach in Teaching Math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282-298.

Manoy, J. T., & Purbaningrum, M. (2021). Mathematical Literacy Based on Ethnomathematics of Batik Sidoarjo. Jurnal Didaktik Matematika, 8(2), 160-174.

Martyanti, A., & Suhartini. (2018). Etnomatematika : Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.

Mulyani, E. (2017). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Trapesium pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(2), 79-87.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213.

Nugraha, T., Maulana, M., & Jayadinata. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika Budaya Sunda Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa pada Materi Persegipanjang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 761-770.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain Pembelajaran Kerucut Berkonteks Tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 14-27.

Octafiana, M., Misdalina, & Fitriasari, P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110-118.

Pathuddin, H., Kamariah, & Nawawi, M. I. (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko cake explorations as mathematics learning resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295-312.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2021). Efektifitas E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 1-8.

Purba, T. N., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4686-4700.

Rosa, M., & Orey, D. (2016). Humanizing Mathematics Through Ethnomodelling. Humanistic Mathematics, 6(2), 3-22.

Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 86-90.

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16-23.

Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Ethnomathematics Study : Cultural values and geometric concepts in the traditional “Tanean-Lanjang †house in Madura-Indonesia. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 7(1), 46-54.

Sari, T. A. M., Sholehatun, A. N., Rahma, S. A., & Prasetyo, R. B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Seni Batik Madura dalam Pembelajaran Geometri. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 71-77.

Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan Pengintegrasiannya ke dalam Pembelajaran Matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1-10.

Setiyawan, R. D., & Hariastuti, R. M. (2021). Etnomatematika Hadrah Al-Banjari Sebagai Basis Masalah Open-Ended. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 113-125.

Sudianto, & Santoso, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Area Siti Inggil Keraton Kasepuhan Cirebon. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 273-282.

Sukarto, Y. E., & Setyadi, D. I. (2020). Perancangan Katalog Museum Keraton Sumenep dengan Konsep Budaya Lahir Melalui Sejarah. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(1), 26-31.

Sulasteri, S., Nur, F., & Kusumayanti, A. (2020). Ethnomathematics: The exploration of learning geometry at Fort Rotterdam of Makassar. Proceedings of The International Conference on Mathematics and Islam (ICMIs 2018), 151-157. Mataram: UIN Mataram Indonesia.

Taufan, A. N., & Sulbi. (2017). Nilai Estetik Ragam Hias Naga di Keraton Sumenep. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 5(2), 166-177.

Warni, R., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Motif Kain Sarung Batak Toba pada Materi Transformasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 4812-4824.

Wulandari, E., & Fitrianawati, M. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Kelas V pada Materi Geometri Berbasis Etnomatematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. Sigma, 2(2), 35-40.

Downloads

Published

2022-12-30