Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang

Authors

  • Elen Estamarinda
  • Akila Akila
  • Tri Sinarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6407

Abstract

ABSTRACT

 

This research aims to know and test whether or not the influence of quality of service and price to customer satisfaction at Hompizz Pizza Palembang. And the data collection techniques in this research through documentation and dissemination of questionnaires to 95 customers at Hompizz Pizza Palembang. The data analysis in this research is using SPSS program (Stasistical Product and Service Solution) version 22. The instrument testing techniques in the study covered the validity test and the reliability test. Data analysis techniques are test normality, multicolonized tests, heterogeneity tests, multiple linear regression analyses, analysis of correlation coefficient, and coefficient of determination analysis. And the hypothesis testing criteria is the T test and F test. Based on the management of data obtained multiple linear regression equations for service quality variables and the price to customer satisfaction is Y = 24.584 + 0, 129X1 + 0.309 X2 + E. Based on the hypothesis test with T test for service quality variable (X1) obtained a significant value of 0.193 > 0.05 meaning Ho accepted and Ha rejected. Thus partial quality of service has no significant effect on customer satisfaction for the first hypothesis (H1). The hypothesis test with the T test for a price variable (X2) obtained a significant value of 0.000 < 0.05 means that Ho was rejected and Ha accepted. Thus a partial price has significant effect on customer satisfaction for the second hypothesis (H2). The results of the F test hypothesis obtained a significant value of 0.001 < 0.05 meaning that Ho was rejected and Ha accepted. Thus simultaneously the quality of service and price influence jointly against customer satisfaction for the third hypothesis (H3).

 

Keywords: quality of service, price, customer satisfaction

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Hompizz Pizza Palembang. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada 95 pelanggan pada Hompizz Pizza Palembang. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan program SPSS (Stasistical Product and Service Solution) versi 22. Teknik uji coba instrument dalam penelitian ini melipuli uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Dan kriteria pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji f. Berdasarkan pengelolaan data diperoleh persamaan regresi linier berganda untuk variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan adalah Y = 24,584 + 0,129X1 + 0,309 X2 + e. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t untuk variabel kualitas pelayanan (X1) diperoleh nilai signifikan 0,193 > 0,05 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan untuk hipotesis pertama (H1). Uji hipotesis dengan uji t untuk variabel harga (X2) diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan untuk hipotesis kedua (H2). Hasil hipotesis uji f diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian secara simultan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan untuk hipotesis ketiga (H3).

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

References

Adisaputro Gunawan. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran). Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Amanah Dita. (2010). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M YAMIN Medan. Universitas Negeri Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis. Vol 2 No 1 Maret 2010. Medan.

Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Krisdianti Dika Lambang dan Sunarti.(2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Twon Square.Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Adminitrasi Bisnis. Vol 70 No 1 Mei 2019. Malang

Lipiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Berbasis Kompetensi). Jakarta : Salemba Empat.

Maulana Ade Syarif. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT.TOI. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta. Jurnal Ekonomi.Vol 7 No 2 November 2018. Jakarta.

Pane Dewi Nurmasari, dkk. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi. Jurnal Manajemen Eoois. Vol 9 No 1 Juni 2018. Medan.

Sasongko Pelita dan Subagio Hartono. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol 1 No 2, 2013:1-7. Surabaya.

Sangadji Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit Andi

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran (Teori dan Implementasi). Yogyakarta : Penerbit Andi

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan ke-5. Bandung : Alfabeta.

. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2019). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Tjiptono Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta : Penerbit Andi

Widjojo Handy, ddk. (2018). Sari-Sari Pemasaran & Aplikasi Dunia Bisnis. Jakarta Selatan : Prasetiya Mulya Publishing.

Wibowo Lili Adi dan Priansa Donni Juni. (2017). Manajemen Komunikasi Dan Pemasran. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-10