KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2253Abstract
ABSTRAK
Â
Masalah dalam penelitian ini adalah “Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembangâ€. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data ini adalah teknik tes dan teknik wawancara. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa diambil dengan cara sistematis menggunakan interval 10 dari 173 jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir yaitu diperoleh nilai sebesar 84. Sedangkan jumlah rata-rata tes awal diperoleh nilai sebesar 45. Maka Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung = 10,64 dan db = 60 dalam ttabel harga t kritiknya terletak pada 0,05 = 10,64. Jadi, dinyatakan bahwa ttabel< thitung = 1,67 < 10,64 sehingga thitung dinyatakan signifikan. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.
Â
Kata Kunci: Model Kontekstual, Menulis Teks Pidato.
Â
Â
THE EFFECTIVENESS OF CONTEXTUAL LEARNING MODELS ABOUT THE SPEECH OF WRITING TEXT SPEECH OF CLASS XI MADRASAH STUDENTS ALIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG
Â
ABSTRACT
The problem in this study was "The Effectiveness of Contextual Learning Models on the Ability to Write the Speech Text of Students in Class XI Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang". The problem in this research is how the Effectiveness Model of Contextual Learning Ability Of Writing Text To Speech Student Class XI Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. The aim in this study to determine and describe the Effectiveness Model of Contextual Learning Ability Of Writing Text To Speech Student Class XI Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. The method used in this study is the experimental method and data collection techniques are test techniques and interview techniques. The sample of 32 students was taken systematically using intervals of 10 out of 173 population. The results showed an average of the final test is obtained a value of 84. While the average number of initial tests obtained a value of 45. Then the results of hypothesis testing known that t = 10.64 and db = 60 in his criticism ttabel t price is at 0, 05 = 10.64. So, it is stated that table <thitung = 1.67 <10.64 so that tcount is significant. Thus H0 is rejected and Ha is accepted.
Â
Keywords: Contextual Model, Writing Speech Text
Â
References
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ismawati, Esti. 2012. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah.Yogyakarta: Ombak (anggota IKAPI).
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual.bandung: PT Refika Aditama.
Mairu, Tarmizi dan Eko Silistiyato. 2006. Berpidato. Palembang: CV Karya Agung.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugono dkk, 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013: Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Trianto, 2009. Pengertian Model Pembelajaran (online).
Wardarita, Ratu. 2012. Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Wiyanto, Asul. 2012. Kitab Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Yogya Bangkit Publisher (anggota IKAPI).