ANALISIS JENIS-JENIS DAN FUNGSI PANTUN DALAM BUKU MANTRA SYAIR DAN PANTUN DI TENGAH KEHIDUPAN DUNIA MODERN KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN

Authors

  • Trisnawati Trisnawati RA Pertiwi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31851/parataksis.v2i2.4000

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian yaituâ€Analisis Jenis-Jenis dan Fungsi Pantun dalam Buku Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampanâ€pantun merupakan puisi Melayu lama asli Indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi a-b-a-b. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang isi pantun dan mendeskripsikan, jenis-jenis dan fungsi pantun yang terdapat dalam buku Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik pustaka, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik  analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis pantun berdasarkan isinya dalam buku“ Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan tahun 2014†terdapat beberapa jenis pantun yaitu pantun muda-mudi, pantun orang tua, pantun teka teki, pantun rindu, pantun nasihat yang semuanya berjumlah 64 buah pantun. Pantun muda-mudi sebanyak 9 buah, pantun orang tua sebanyak 14 buah, pantun teka teki sebanyak 10 buah, pantun rindu sebanyak 15 buah, dan pantun nasihat sebanyak 16 buah.

References

Gani, Larik. 2007. Siaran Televisi Edukasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rampan, Korrie Layun. 2014. Mantra Syair dan Pantun di Tengah Dunia Modern. Bandung: Yrama Widya.

Sugiarto, Eko. 2015. Mengenal Sastra Lama. Yogyakarta: C.V Andi Offse.

Waridah, Ernawati. 2014. Kumpulan Majas, Pantun, dan Peribahahasa Plus Kesusastraan Indonesia. Bandung: Ruang kata.

Downloads

Published

2019-07-01