Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Melalui Strategi Belajar Dengan Menggunakan Magic Card

Authors

  • Rahma Moutia Asmini Universitas PGRI Palembang
  • Agnes Apriza Universitas PGRI Palembang
  • Ira Maharani Universitas PGRI Palembang
  • Nia Daniyati Universitas PGRI Palembang
  • Aulia Nurrahmah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/scholastica.v3i2.10024

Abstract

ABSTRAK:Pembelajaran merupakan upaya untuk membantu siswa untuk melakukan kegiatan belajar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya ingat dan juga pemahaman siswa Sd pada pembelajaran bangun datar matematika siswa kelas VI.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian berupa pedoman wawancara dan penilaian materi, pengisian angket, pemberian pretest dan posttest dan tanggapan guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Pengembangan media magic card menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu Analyze (analisis), design (desain),Development(pengembangan),Implementation(implementasi),danEvaluation(evaluasi).Berdasarkan data yang diperoleh dapat dilihat bahwa keseluruhan validasi media magic card mendapatkan nilai 80% yang berarti dalam kriteria layak dengan kategori A kualifikasi implementasi.pada tahap ini dilakukan dengan uji cobakan kepada 24 siswa kelas VI SDN 91 Palembang dengan 3 orang siswa untuk tahap one to one,7 orang siswa untuk tahap small group,dan 14 siswa pada kelas sebenarnya. hasil analisis data dan pembahasan,dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran magic card untuk kemampuan menghitung luas dan keliling bangun datar sebagai pemahaman siswa SD memiliki nilai validitas dengan memperoleh 80%.Dari hasil penerapan media magic card pada tahap implementasi kepada siswa kelas VI yang berjumlah 24 siswa menunjukan bahwa media magic card efektif untuk kemampuan menghitung luas dan keliling bangun datar. Hal tersebut dilihat dari hasil pretest dan postest, dimana pada tahap pretest rata-rata siswa mendapati nilai 60 dan setelah postest rata-rata siswa mendapatkan nilai 80-100.Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa materi yang dijelaskan dapat dipahami oleh siswa.
Kata-kata kunci: Penerapan, Media Magic Card, Bangun Datar, Luas dan Keliling

References

Iman Gunawan. (2013). Metode Penellitian Kualitatif Teori dan Praktik. http://repo.iain

tulungagung.ac.id/7300/10/Bab10_Penelitian%20Kualitatif_3.pdf, 88.

Kritiyono, H. (2008). Penelitian Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan.

Mashuri, S. (2019). Latar Belakang. In S. Mashuri, Media Pembelajaran Matematika (p. 1).

Yogyakarta: Deepublish Publisher CV. BUDI UTAMA.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. 2019.

Maswar. (2018). Peranan motivasi dalam kerajinan belajar siswa. STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYENANGKAN SISWA (MMS) BERBASIS METODE PERMAINAN MATHEMAGIC, TEKA-TEKI DAN CERITA MATEMATIS.

Muhammad S, Imam M, Anslem Strauss, Juliet Corbin ;. (2013). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Tatalangkah dan teknik - teknik Teoritisasi Data. A Strauss, J Corbin - Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003 - repo.iain-tulungagung.ac.id.

Mulyadi Setiawan, Ari;. (2010). Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan

belajar khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Putri W, Mella. (2008). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri Sukses Natar Tahun Ajaran 2008/2009. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Aplikai. AR-RUZZ MEDIA, 141-145.

Downloads

Published

2023-06-14