PENGEMBANGAN MEDIA PUTARAN PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS 3 SD

Authors

  • Kelvin Paskah Pratama Tarigan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/scholastica.v3i2.10097

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa dalam pembelajaran matematika terutama dikelas 3 Sekolah Dasar, hal ini dikarenakan siswa perlu menggunakan media pembelajaran seperti media putaran perkalian yang kami buat untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan operasi perkalian. Ketika mengajar matematika hendaknya guru tidak hanya berpacu dengan buku melainkan menggunakan media pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian siswa dan siswa juga bisa dengan mudah menyelesaikan masalah Operasi perkalian. Matematika mempunyai peranan yang penting dalam proses berpikir siswa, terutama dalam pembentukan kemampuan menganalisis, melakukan evaluasi hingga memecahkan masalah. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa dengan belajar matematika adalah memahami konsep. Faktanya di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan ini kurang. Sebagian siswa masih menganggap pelajaran matematika sulit dan merupakan masalah dalam proses belajarnya. Oleh karenanya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika dinilai sangat penting untuk memudahkan siswa dalam memahami dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika.

Author Biography

Kelvin Paskah Pratama Tarigan, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Nurfauziah, H. d. (2015).analisis penerapan pembelajara berbadis pendidikan matematika. P2MSTKIP Siliwangi , 9-10.

pendidikan, d. (-, - -). dosen pendidikan.com.id. Dipetik November 2, 2022,dari pengertian media menurut para ahli: http://www.dosenpendidikan.co,id/pengertian-media/

Puteri, A. F. (2022).Pengembangan media komik untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha , 47-53.

Wahyuni, D. (2018).upaya meningkatkan kemampuan emecahan masakah matematika . jurnal warta edisi : 58 , 2.

Zulfitria. (2019). upaya meningkatkan hafalan matematika. intruksional , 19-20.

Downloads

Published

2023-06-14