IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI1 KARANG MELATI KECAMATAN SEMENDAWAI TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR

Authors

  • Hj Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/scholastica.v6i1.12088

Abstract

Profesional adalah salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pembelajaran, hal ini dikarenakan hasil sebuah pembelajaran kepada siswa ditentukan oleh keprofesionalan seorang guru. Professional sendiri merupakan seseorang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukannya dengan berpegang pada kemampuan yang tinggi dan nilai moral, dan guru menjadi salah satunya. Kompetensi profesional guru dapat dilihat dari kemampuan penguasaan materi pembelajaran yang ada di dalam kelas. Dalam hal ini Guru harus memiliki kompetensi yang tinggi supaya dapat menghasilkan orang-orang hebat dengan cara penguasaan materi pelajaran. Pendidik yang profesional memiliki kemampuan dalam mengelola pembelajaran baik itu segi kognitif, psikomotorik, dan apeftif dari peserta didik yang akan dididik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di SD Negeri 1 Karang Melati. adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, penggunaan metode ini sangat tergantung dari pengumpulan data yang dapat diperoleh dari observasi, wawancara, dan terakhir adalah dokumentasi. Implementasi Kompetensi Profesional guru di SD Negeri 1 Semendawai Timur dilakukan dengan baik, dilihat dari pelaksanaan pembelajarannya yang telah menerapkan berbagai kegiatan standar dalam pengajaran, selain itu guru juga selalu mengikuti perkembangan kurikulum sehingga guru memang menerapkan unsur pedagogik.

Kata kunci: Profesional, Guru, Pembelajaran.

Author Biography

Hj Ida Suryani, Universitas PGRI Palembang

ok

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles