PENGEMBANGAN MEDIA MOCK UP UNTUK MEMINIMALISIR KARAKTER PHLEGMATIS DALAM PEMBELAJARAN KELAS 3 DI SD NEGERI 2 MANTINGAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/scholastica.v3i2.12514Abstract
Abstrak: Proses penanaman karakter di sekolah selama ini berlangsung secara tidak langsung sehingga berdampak kepada kurang terbangunnya karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media berbasis pendidikan karakter untuk kelas III Sekolah Dasar. Persoalan yang mendasar implementasi pengembangan media pembelajaran mock up untuk meminimalisir karakter peserta didik. Didukung oleh perkembangan media mock up ini yang meminimalisir adanya karakter phlegmatis untuk menumbuhkan karakter yang kreatif dan berfikir kritis. Pada masalah peserta didik yang memiliki karakter phlegmatis ini mempunyai keterbatasan bersemangat untuk melakukan tindakan dalam membuat dan mengembangkan media mock up. Disamping itu pendidik dituntut kreatif dalam mengembangkan bahan ajar, memilih sumber dan media belajar yang tersedia di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian siswa kelas III di SDN 2 Mantingan. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media berbasis pendidikan karakter untuk kelas III Sekolah Dasar yang mengunakan media mock up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mock up berbasis pendidikan karakter untuk kelas III Sekolah Dasar ini telah memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria.
Kata Kunci : Media mock up, Karakter Pleghmatis, Peserta Didik.