Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 09 Simpang Utara Kabupaten Pasaman

Authors

  • Verly Welianto P Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.31851/scholastica.v6i1.14813

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks eksplanasi
siswa kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara Kabupaten Pasaman. yang disebabkan kurangnya
variasi guru dalam menggunakan model belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini
untuk peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan model Mind
Mapping pada siswa kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara, Kabupaten Pasaman. Menurut
Azkiya (2018: 96) teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses terjadinya suatu
fenomena atau peristiwa baik fenomena alam maupun sosial serta budaya. Mind mapping adalah
teknik pemanfaatan seluruh otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya
untuk membentuk kesan. Lidiasari C (2022: 27-28). Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi dengan jumlah siswa 29 orang. Terdapat siswa laki-laki 14 orang dan 15 orang siswa
perempuan kelas V SDN 09 Simpang Utara Kabupaten Pasaman.. Subjek penelitian ini adalah
kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara, Kabupaten Pasaman yang Berjumlah 29 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar keterampilan menulis teks eksplanasi, lembar aktivitas
guru, lembar aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I mencapai
69,04 % kemudian pada siklus II persentasenya mencapai 83,92 %. Pada lembar observasi siswa
siklus I persentasenya mencapai 67,70 % kemudian pada siklus II persentasenya meningkat
menjadi 80,20 %. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis teks eksplanasi siswa pada siklus
I sebesar 70,83% % dengan rata-rata 67,70 dan meningkat pada Siklus II sebesar 83,33% dengan
Vol. 6, No. 1, pp. 22-33, Maret 2023
rata-rata 80,20 dengan rata-rata kenaikan sebesar 17,24. Dari hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis teks eksplanasi
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa pada kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara Kabupaten Pasaman.

Downloads

Published

2024-03-25

Issue

Section

Articles