STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 1 SDN SAKURU TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v4i1.5328Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas 1 SDN Sakuru. Adapun tujuan penelitian ini mengungkapkan : (1) Pembinaan karakter siswa yang dilakukan di kelas 1 SDN Sakuru, (2) Strategi guru dalam membentukan karakter siswa kelas 1 SDN Sakuru. Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif, dengan pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik tringulasi dengan teknik pengumpulan data : dokumentasi, wawancara, dan observasi. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Untuk menguji validitas data dilakukan uji kreadibilitas, transferabilitas,dependebilitas, dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu: (1) Apa saja bentuk-bentuk karakter siswa, (2) Pelaksanaan pembinaan karakter yang dilakukan di sekolah, (3) Pelaksanan strategi guru dalam membentuk karakter siswa, (4) Implementasi guru terhadap program kepala sekolah tentang mewujudkan karakter siswa yang baik. Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan dalam mewujudkan visi dan misi. Kepala sekolah harus memiliki program kerja, melakukan pengawasan dan memiliki rasa bekerja sama dengan staf pegawai lainnya di sekolah.References
Haryati, Y. (2011). Urgensi dan Aplikasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Jsit Indonesia.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong. (2001). Metodelogi penelitian kualitatif, Bandug PT Remaja Rosda Karya.
Naim Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pustaka
Humalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, M Uzer. (1996). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.