PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erwin Sundari

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v4i2.5699

Abstract

Tujuan tulisan ini menyajikan tentang pentingnya peran lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Dengan harapan. segala tantangan yang dihadapi orang tua dan guru dalam proses belajar tidak menjadi hambatan siswa dalam memperoleh prestasi.. metodologi yang digunakan pada tulisan ini yaitu dengan menggunakan Kajian Pustaka (Literatur Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber-sumber data dan informasi dari buku, jurnal, serta sumber informasi yang dianggap relevan. Dengan segala tantangan yang dihadapi orang tua dan dapat mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi tantangan belajar di usia Sekolah Dasar. Sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan baik.

Kata Kunci: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, prestasi belajar.

References

Muslih, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 41-50

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555-564.

Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. Tazkiya, 8(1).

Muhammad Muslich, 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhada Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan. Syntax Literate. Vol. 1, No 4

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-10-02