SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sovia Ranty

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v4i2.5954

Abstract

Perlunya melakukan sebuah iovasi untuk menunjang sebuah pembelajaran di Sekolah Dasar. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat menjadi pilihan yang tepat. Model PjBL merupakan model pembelajaran yang bersifat menyenangkan karena diharapkan dapat merubah cara belajar peserta didiksecara mandiri dengan meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam berkarya, memunculkan ide-ide kreatif serta melatih kritis, dalam menyikapi suatu masalah yang dihadapi di dunia nyata. Model ini sering digunakan di Sekolah Dasar karena cukup efektif dan bisa diterapkan di semua mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature terkait Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review).

Kata Kunci: Project Based Learning, Sekolah Dasar, Systematic Literatur Review

References

Dewi, Ni Kt Nik Aris Sandi. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 8 Banyuning. Jurnal. Singaraja: Progdi PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Harahap, Miftah Ariana, Puji Prastowo. 2010. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Lerning dan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Proyek/ Project Based Learning.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Nurgayah. 2011. Strategi & Metode Pembelajaran. Bandung: Citrapustaka Media Perintis

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru. Bandung: Yrama Widya.

E. Kosasih. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Handika, Q. 2015. Permasalahan Dan Solusi Pembelajaran Tematik.[online]

Kadir, A. & Hanun, A. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.

Karjiyati V., Dalifa., & Hasnawati. 2017. Pengembangan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kreativitas Bagi Siswa SD. Bengkulu: Unit Penerbitan Fkip Unib.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Balqis, Riza. (2009). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Banda Aceh. Skripsi

Rista Okta Fiana, Stefanus Christian Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 157-162.

Eko Febri Syahputra Siregar. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas IV SD Negeri 104188 Medan Krio Tahun Ajaran 2017/2018. Bina Gogik.

Mila Minhatul Maula, Jekti Prihatin, Kamala Fikri. (2014). Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Beljar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Atikel Ilmiah Mahasaiswa.

Widyastuti, Ira. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan kewarganegaraan Di Kelas IV SD. Artikel Penelitian.

Tiara Apriliani, Sri Dadi, Dalifa. Pengaruh Model PjBL terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2021-10-02