PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JJIGSAW PADA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR : SISTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v5i1.5958Abstract
Abstrak  Penelitian ini dilatarbelakangi capaian pemahaman konsep siswa di berbagai sekolah yang ada di Indonesia belum optimal mencapai batas Kriteria Ketuntasan Mininal (KKM). Proses pembelajaran saat ini menuntut guru untuk berinovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran yang bisa di lakukan yaitu melalui penerapan model pembelajaran cooperative learing tipe jigsaw. Model CL tipe jigsaw ini dapat di gunakan untuk menarik minat belajar serta dapat membangun semangat dan motivasi belajar siswa yang dapat menngkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan penerapan model cooperative learning tpe jigsaw pada sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan merevieu semua artikel CL terkait model pembelajaran CL tipe jigsaw yang diterbitkan dalam kurun waktu 2012-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanayak 25 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish atau Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa CL tipe dapat meningkatkan hasil, semangat belajar dan keefektifan peserta didik dalam pembelajaran di sekolah dasar .Kata kunci: Cooperative learning, Tipe jigsaw, Systematic Literature ReviewReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Anita Lie. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo.
Hariyati, R, T, S. (2010). Mengenal Sistematic Review Theory dan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol. 13, No. 2, hlm. 124-132
Ni Wayan Piasih Ariyanti. 2013. “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar Siswa dalam pembelajaran ips pada siswa kelas iv Sd cipta dharma denpasar†vol 3
Slavin, Robert. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media
Sartika, & Octafiani, M. (2019). Pemanfaatan Kahoot Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 373—385.
Torgerson, C., & Zhu, D. (2003). A systematic review and meta-analysis of the effectiveness of ICT on literacy learning in English, 5-16. London: EPPI-Centre, Social Science Research Unit, Institute of Education, University of London.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovative-Progresive, Konsep Landasan dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yamin, Martinis dan Bansu I. Ansari. 2008. Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Persada Press.
Siti Kasmir, 2018 Upaya Meningkatkan Aktifits dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV SDN Nipa Ambalawi Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw. Vol 3 No. 3
Wiwin Yuliani 2019 Pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Vol. 3 No. 2
I Ketut Nirta 2019 Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta
Didik Kelas Iv Sd Negeri 14 Cakranegara Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Vol 6 No 1
Fajuri 2019 Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Vol 6 No 1
Syahrul Kahar1 dkk 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Vol 9 No 2
Hani Handayani 2020 Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Vol 5 No 01
Yeni Masluchah dkk 2013 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah JPGSD. Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013
Avita Widia Sari1 dkk 2019 Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Journal of Education Action Research Volume 3, Number 2
I Ketut Kesnajaya 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Pada Sd Negeri 3 Tianyar Barat e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5 Tahun 2015)
Md. Widiastini1 dkk 2014 Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)
Donald Samuel dan Slamet Santosa 2017 Dampak Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 3, Nomor 2, Oktober 2017
Rusdial Marta1 2017 Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota Jurnal Basicedu Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017 Halaman 45-54
Sriyatin dkk 2018 Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Sdn Sambigede 03 Sumberpucung Malang Jp.jok (Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga dan Kesehatan) Volume 1, Nomor 2, Mei 201
Fatimah Saguni 2013 Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Dan Ceramah Sebagai Problem Solving Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Cakrawala Pendidikan, Juni 2013, Th. XXXII, No. 2
Daitin tarigan, 2016 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 101774 Sampali Jurnal Scientific Pinisi, Volume 2, Nomor 2,Oktober 2016, hlm. 110-116
Harli Trisdiono dkk 2017 Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar Educandum 7(2) 2017
Asep Suherman 2016 Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tgt (Teams Game Tournament) Terhadap Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Bermain Bolavoli Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 1 Nomor 2. September 2016
Galih Gusti Prihatanti dkk 2017 Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Imbas Gugus Diponegoro Kabupaten Blora Esj Volume 7, No. 1, Juni 2017
Yulina Ismiyanti 2016 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Visual Di Kelas Iv Sdn 02 Temulus Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR†Vol. III No. 1 Januari 2016