IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SAMBIREJO KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • eggha putrie UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v4i2.6471

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran daring serta mengetahui hambatan dan solusi  yang dihadapi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas III SD Negeri 01 Sambirejo. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru kelas III. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran daring siswa kelas III yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam jenis aplikasi seperti whatsapp, zoom meeting dan youtube untuk memberikan materi pembelajaran agar siswa dapat membuka kembali materi pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut dan mempelajarinya ulang. Hambatan dalam mengimplementasikan pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu dikarenakan orang tua siswa yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak dapat mendampingi anaknya dalam proses pembelajaran daring, minimnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring yang berdampak pada minimnya pemahaman siswa akan materi yang diberikan oleh guru kepada siswa. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan pendekatan dan memberikan motivasi kepada orang tua siswa tentang pentingnya mengirim tugas agar guru dapat mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran daring. Selain itu, guru memberikan kelonggaran waktu dalam proses pengiriman tugas. Akan tetapi guru juga memberikan batas waktu pengiriman tugas.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Daring, Hambatan, Solusi.

References

Arsyad, Azhar (2011), Media Pembelajaran (Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada)

Crews, T. B., & Curtis, D. F. (2003). Online Course Evaluations: Faculty Perspective and Strategies for Improved Response Rates. Assessment and Evaluation in Higher Education,36(7),865878. Diunduh pada

https://doi.org/10.1080/02602938.2010.493970. Pada tanggal 14 Februari 2021

Harnani, Sri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Diunduh pada https://bdkjakarta.kemenag.go.id Pada tanggal 14 Februari 2021

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharwoto,G. 2020. Mayoritas Guru di Indonesia ‘Gaptek’. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.Diunduh pada https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/akW5D04N-mayoritas-guru-di-indonesia-gaptek. Pada tanggal 2 Mei 2021

Downloads

Published

2021-10-02