STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31851/sj.v5i1.6937Abstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas menjadi salah satu alternatif untuk menanamkan karakter cinta tanah air pada peserta didik dengan kegiatan upacara bendera, pembiasaan menyanyikan lagu nasional sebelum dan sesudah aktivitas belajar mengajar di sekolah. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menjembatani peserta didik dari karakter negatif yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan untuk menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa yaitu melalui: (1) kegiatan belajar mengajar, dengan melakukan pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia, menjaga kebersihan dan kerapian dalam kelas, menyanyikan lagu-lagu nasional sebelum pembelajaran, mengajarkan materi yang mendukung cinta tanah air. (2) budaya sekolah, melakukan kegiatan upacara bendera setiap hari Senin, kegiatan jum’at yasinan, peringatan hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda dan hari pahlawan. (3) ekstrakurikuler, berupa pelaksanaan kegiatan pramuka. Beberapa cara tersebut sebagai suatu kesatuan untuk menanamkan cinta tanah air pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi.
Kata Kunci : Strategi, Sikap, Cinta Tanah Air
ABSTRAK
Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas menjadi salah satu alternatif untuk menanamkan karakter cinta tanah air pada peserta didik dengan kegiatan upacara bendera, pembiasaan menyanyikan lagu nasional sebelum dan sesudah aktivitas belajar mengajar di sekolah. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menjembatani peserta didik dari karakter negatif yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan untuk menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa yaitu melalui: (1) kegiatan belajar mengajar, dengan melakukan pembiasaan menggunakan bahasa Indonesia, menjaga kebersihan dan kerapian dalam kelas, menyanyikan lagu-lagu nasional sebelum pembelajaran, mengajarkan materi yang mendukung cinta tanah air. (2) budaya sekolah, melakukan kegiatan upacara bendera setiap hari Senin, kegiatan jum’at yasinan, peringatan hari kemerdekaan, hari sumpah pemuda dan hari pahlawan. (3) ekstrakurikuler, berupa pelaksanaan kegiatan pramuka. Beberapa cara tersebut sebagai suatu kesatuan untuk menanamkan cinta tanah air pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi.
Kata Kunci : Strategi, Sikap, Cinta Tanah Air
References
Baginda, Mardiah. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 10 (2) :1–12. doi: 10.30984/jii.v10i2.593.
Chan, Faisal, Issaura Sherly Pamela, Septiana Larashinta, Alusi Yoana, Dwi Mardayani, dan Ryan Kurnia Sari. 2019. “Penerapan Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas II di Sekolah Dasar.†Efektor 6 (2) :202–6.
Eko, Kuntarto, dan Asyhar Rayandra. 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa.†Jurnal Pembelajaran Inovatif 1–26.
Hasyim, Muhammad. 2015. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Umar Baradja Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Nasional.†CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 1 (2). doi: 10.37348/cendekia.v1i2.17.
Munawaroh, Anida Istiqomah Al. 2013. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di MTS Muhammadiyah Purwokerto.†Repository UMP 8–34.
Ismawati, Esti. 2018. “Nationalism in Indonesian Literature as Active Learning Material.†International Journal of Active Learning 3 (1):33–48.
PPRI. 2021. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan.†(102501):1–49.
Utami, M. F. Lestari Budi. 2018. “Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kebhinekaan Melaui Lomba Kebersihan dan Keindahan Kelas dengan Tema Adat Nusantara.†Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual 2 (4):462. doi: 10.28926/riset_konseptual.v2i4.89.
Wisnarni. 2017. “Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Berbasis Kebiasaan.†Jurnal Tarbawi 13 (119):51–63.