Strategi Pembelajaran Ekspositori Bagi Guru dalam Konsep Dasar IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 22 Palembang

Authors

  • Monasisilia Monasisilia SD Negeri 22 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sj.v3i1.7552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran ekspositori bagi guru dalam konsep dasar IPA pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 22 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menggunakan data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui wawancara dengan informan inti adalah guru kelas VB di SD Negeri 22 Palembang dalam pengamatan mengenai pembelajaran IPA di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori bagi guru dalam konsep dasar IPA pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 22 Palembang merupakan strategi yang dapat guru lakukan dalam mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran, dengan demikian guru dapat mengetahui sampai sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang disampaikan. Dalam menggunakan strategi pembelajaran ekspositori guru menyajikan materi pembelajaran IPA menggunakan metode yang lebih bervariasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, dalam menggunakan strategi pembelajaran ekspositori guru menggunakan media dalam pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemberian kuis yang dikerjakan siswa secara mandiri.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Masita, A. (2014). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Induktif Siswa Kelas IV SDN 6 Watuoge. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(5), 93–107.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sofyana, L., & Abdul, R. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 39–54.

Suparjan, & Mariyadi. (2020). Proses Belajar Mengajar Selama Pandemi COVID-19 Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Kalimantan Barat. Jurnal DIDIKA, Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 314–331.

Suprijono, A. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal. Pare - Pare, IAIN Nusantara Press.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta, Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-03-20

Issue

Section

Articles